Italia Juara Euro 2020

Italia Juara Euro 2020

Italia keluar sebagai juara Euro 2020 setelah mengandaskan Inggris melalui babak adu pinalti. Pertandingan harus melalui babak tos tosan setelah berakhir 1-1 di waktu normal.

Inggris unggul lebih dahulu melalui Luke Shaw. Gli Azzurri menyamakan skor lewat Leonardo Bonucci. Laga pun lanjut extra time.

Gli Azzurri sukses membungkam seisi Wembley lewat adu penalti dengan skor 3-2.

Bertanding di Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari WIB, Inggris mendapat gol cepat di menit kedua. Umpan silang Kieran Trippier berhasil disambar Luke Shaw yang mengarahkan bola ke tiang dekat.

Italia mencoba memberi perlawanan selepas tertinggal 0-1. Ada peluang dari tendangan bebas Lorenzo Insigne, yang arah bolanya masih melambung sedikit di atas gawang Inggris.

Inggris tak main bertahan setelah mendapat keunggulan. Tim besutan Gareth Southgate justru menyulitkan Gli Azzurri dengan permainan cepat di sisi lapangan.

Sampai laga berjalan 20 menit, Italia masih kesulitan masuk ke kotak penalti Inggris. Permainan bola-bola panjang Azzurri kerap mentok di sepertiga akhir pertahanan lawan.

Insigne melepaskan tembakan spekulasi dari luar kotak penalti di menit ke-27. Upaya dari winger Italia itu masih belum menemui sasaran.

Inggris bermain jauh lebih tenang. Mason Mount dkk. tidak gegabah saat dalam penguasaan bola.

Federico Chiesa melakukan solo run dari tengah lapangan pada menit ke-34. Dia mampu melewatkan beberapa pemain Inggris untuk kemudian melepaskan tembakan di depan kotak penalti, tapi bola masih melebar dari target.

Inggris gantian mengancam di menit ke-36. Shaw melepaskan umpan silang mendatar ke depan gawang Italia, namun bola berhasil disapu Emerson Palmieri.

Italia melepaskan tembakan ke gawang di menit ke-45 lewat kaki Marco Verratti, tapi Jordan Pickford masih dengan mudah menangkap bola. Tak ada gol tambahan hingga turun minum.

Inggris mengancam di awal babak kedua lewat Raheem Sterling. Striker milik Manchester City itu kemudian jatuh di kotak penalti, tapi wasit tak menganggap ada sebuah pelanggaran.

Giliran Italia mendapat peluang pada menit ke-50 lewat tendangan bebas tepat di depan kotak penalti Inggris. Bola yang dieksekusi Insigne masih sedikit melebar dari target.

Roberto Mancini membuat perubahan di menit ke-55 dengan menarik keluar Nicolo Barella dan Ciro Immobile. Kedunya digantikan oleh Bryan Cristante dan Domenico Berardi.

Perubahan ini membuat Chiesa berpindah ke posisi kiri dan nyaris berbuah gol di menit ke-57. Bola tembakan Chiesa memantul ke Insigne, yang dari jarak dekat melepaskan tembakan namun masih bisa ditepis Jordan Pickford.

Chiesa nyaris merobek gawang Inggris di menit ke-62. Bola tembakannya dari dalam kotak penalti berhasil ditepis Pickford.

Italia akhirnya berhasil menyamakan skor di menit ke-67. Sebuah kemelut di kotak penalti Inggris dari umpan sepak pojok diselesaikan oleh Leonardo Bonucci.

Gli Azzurri bermain semakin ngotot setelah berhasil menyamakan skor. Beberapa aksi individu bahkan sempat membahayakan gawang Inggris.

Italia mengalami kerugian di laga ini. Chiesa yang sejak awal tampil oke ditarik keluar pada menit ke-86 karena mengalami cedera dan Federico Bernardeschi jadi pengganti.

Tak ada gol tambahan hingga laga 90 menit tuntas. Italia vs Inggris pun lanjut ke tambahan 2x15 menit.

Susunan Pemain:

Italia: Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Emerson; Nicolo Barella, Jorginho, Marco Verratt; Federico Chiesa, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne.

Inggris: Jordan Pickford, Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Kieran Trippier, Declan Rice, Kelvin Phillips, Luke Shaw, Mason Mount, Harry Kane, Raheem Sterling.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews