WNA dan WNI dari Luar Negeri Tiba di Batam Wajib PCR-Karantina

WNA dan WNI dari Luar Negeri Tiba di Batam Wajib PCR-Karantina

Polsek KKP Batam membagikan masker ke penumpang dari luar negeri yang baru sampai di Pelabuhan Batam Centre (Foto:Edo/Batamnews)

Batam, Batamnews - Penumpang yang datang dari luar negeri ke Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), akan menjalani karantina terlebih dahulu, sambil menunggu hasil tes Swab PCR. Sehingga, dapat dipastikan aman dan negatif Covid-19.

Setiap penumpang yang datang di Pelabuhan Internasional Batam Centre dan Harbourbay, akan dilakukan tes Swab PCR. Namun, para penumpang kedatangan internasional tersebut akan menjalani screning terlebih dahulu sebelum PCR.

"Ada beberapa prosedur yang dilakukan bagi penumpang kedatangan Internasional, menjalani screning dan juga PCR," kata Kapolsek KKP Batam, Polresta Barelang, AKP Budi Hartono.

Baca juga: Batam dan Tanjungpinang PPKM Darurat: WFH 100 Persen hingga Mall Tutup

Dijelaskan oleh Budi, untuk tes PCR bagi WNI, dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan fasilitas yang dibiayai oleh negara (Subsidi) juga dapat melakukan PCR secara mandiri atau pribadi.

Namun, untuk lokasi karantina juga akan berbeda. Bagi yang PCR yang dibiayai oleh pemerintah, akan ditempat di rusun yang telah disediakan Pemko Batam.

Sementara itu, bagi yang melakukan tes PCR secara mandiri atau biaya sendiri, akan dikarantina di sejumlah hotel yang telah direkomendasi Pemko Batam.

"Kalau untuk WNA, tidak ada pilihan. Mereka harus membayar secara pribadi untuk PCR, tidak ada subsidi dari Pemerintah," ujar Kapolsek Budi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews