Stop Press! Stok Vaksin Covid-19 di Batam Habis

Stop Press! Stok Vaksin Covid-19 di Batam Habis

Ilustrasi.

Batam, Batamnews - Stok vaksin Covid-19 di Kota Batam, Kepulauan Riau dinyatakan habis pada Senin (5/7/2021), atau sehari lebih cepat dari perkiraan.

Menyikapi habisnya stok vaksin, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan pihaknya, sudah meminta pasokan vaksin ke Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

“Saat ini vaksin di Batam sudah habis,” ujar Didi, Senin sore.

Ia menyampaikan Kota Batam hanya mendapat kiriman vaksin sebanyak 1.000 Multi Dove Dosis (MDV), sedangkan jumlah yang akan divaksin lebih dari itu. 

Pihaknya pesimis jika kondisi tersebut masih seperti ini, maka target vaksinasi Covid-19 tidak tercapai 100 persen pada akhir Juli mendatang.

”Hanya dapat 1.000 MDV saja. Sehari habis itu," katanya.

Baca: Batam Terancam Kekurangan Vaksin Covid-19

Selain itu, Gubernur Kepri juga menargetkan vaksinasi Covid-19 bagi pelajar dapat tercapai 100 persen pada 23 Juli. Didi menilai target tersebut bisa tidak tercapai.

"Sementara target tinggi, namun vaksin yang akan digunakan tak ada. Jadi susah juga nanti capai target,” ucapnya.

Pihaknya juga sudah menyurati Provinsi Kepri terkait permintaan vaksin untuk Batam. Total permintaan adalah 27 ribu MDV. Rencananya 120 ribu untuk anak sekolah, dan 150 ribu dosis untuk mengejar target 20 persen di bulan Juli ini.

"Total 270 ribu dosis baik Sinovac dan AstraZeneca. Cepat datang dan kami bisa gerak lagi, agar target tercapai," kata dia.

Karena target di bulan Juli ini cukup besar ia berharap kebutuhan vaksin bisa segera dipenuhi guna mengejar target yang sudah direncanakan.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan vaksinasi di Batam bisa terlaksana dengan baik asalkan stok vaksin tercukupi. Meskipun pada awalnya tenaga medis sempat kewalahan, namun kendala tersebut bisa diatasi dengan baik.

"Kalau ada barang itu, tak ada masalah. Tenaga kesehatan bisa kami genjot untuk menggesa vaksinasi ini," ujarnya.

Sementara itu perkembangan vaksinasi Covid-19 di Batam hingga 4 Juli 2021, sudah 449.103 orang atau dengan persentase 57,21 persen dari target 758.003 orang telah mendapat vaksin.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews