Catat, Tiga Daerah Zona Merah di Kepri

Catat, Tiga Daerah Zona Merah di Kepri

ilustrasi

Batam, Batamnews - Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 merilis data terbaru peta zona risiko virus corona periode 27 Juni 2021. 

Di Provinsi Kepri, dua daerah yakni Kota Batam dan Kabupaten Bintan termasuk dalam daftar tersebut. Sementara Kota Tanjungpinang, Kabupaten Lingga, Kabupaten Karimun, Kabupaten Anambas dan Kabupaten Natuna masuk zona orange.

Namun dari data yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Provinsi Kepri per 1 Juli 2021, justru tampak tiga daerah dengan kasus aktif tertinggi saat ini. 

Ketiganya adalah Batam (2.010 kasus), Tanjungpinang (871 kasus), Kabupaten Bintan (641 kasus). 

Dimungkinkan dalam data terbaru nasional, tiga daerah ini masuk zona merah

Satgas Kepri juga merilis keterisian ruang isolasi di sejumlah rumah sakit atau Bed Occupancy Rate (BOR) di tiga daerah tersebut yang tinggi, Batam (63,69%), Tanjungpinang (87,64%), Bintan (84,42%).

Sejauh ini tingkat kematian Covid di Batam totalnya 306 kasus, Tanjungpinang 118 kasus dan Bintan 55 kasus.

Dalam periode ini, memang terjadi peningkatan signifikan pada jumlah daerah berstatus zona merah atau risiko tinggi Covid-19. 

Ada 60 daerah berstatus zona merah pada periode ini. Angka ini meningkat dari 29 periode sebelumnya. 

 

Jawa Tengah menjadi provinsi dengan wilayah zona merah terbanyak di Indonesia. Ada 22 daerah di Jateng berstatus zona merah Covid-19. Artinya, hanya tersisa 10 daerah yang berada di luar zona merah.

Pemerintah akan memulai pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat mulai, Sabtu (3/7/2021). PPKM darurat merupakan upaya teranyar pemerintah dalam menekan lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi beberapa waktu belakangan.

"Setelah mendapatkan banyak masukan dari para menteri, para ahli kesehatan, dan juga para kepala daerah, saya memutuskan untuk memberlakukan PPKM Darurat, sejak tanggal 3 Juli hingga 20 Juli 2021 khusus di Jawa dan Bali. PPKM Darurat ini akan meliputi pembatasan-pembatasan aktivitas masyarakat yang lebih ketat daripada yang selama ini sudah berlaku," ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam video yang diunggah akun Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (1/7/2021).

Menurut Koordinator PPKM Darurat yang juga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, wilayah kabupaten/kota yang masuk dalam cakupan PPKM Darurat 3-20 Juli 2021. Hal itu dibeberkan Luhut dalam keterangan pers virtual, Kamis (1/7/2021).

"Gubernur DKI Jakarta untuk wilayah kabupaten/kota dengan kriteria level 4 (empat) itu sudah tertera seluruh DKI sudah kena, jadi kita akan lakukan ketat betul di DKI," kata Luhut.

Wilayah-wilayah yang dimaksud adalah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Kota Administrasi Jakarta Barat, Kota Administrasi Jakarta Timur, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kota Administrasi Jakarta Utara, dan Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Berikut adalah daerah-daerah yang masuk level 4 atau zona merah per 27 Juni 2021 menurut data Satgas Penanganan Covid-19 nasional:

Jawa Tengah: Wonogiri, Kudus, Kota Semarang, Kota Pekalongan, Blora, Pati, Kendal, Brebes, Kebumen, Sukoharjo, Grobogan, Temanggung, Tegal, Kota Magelang, Purworejo, Wonosobo, Sragen, Demak, Semarang, Klaten, Jepara, Kota Salatiga

Jawa Barat: Bandung, Kota Depok, Cirebon, Kota Bandung, Garut, Bandung Barat, Majalengka, Indramayu, Karawang, Kota Cimahi, Kuningan, DKI Jakarta, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, D.I. Yogyakarta, Sleman, Bantul, Kulon Progo, Gunung Kidul, Kota Yogyakarta, Banten, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Lebak, Tangerang.

Sumatera Utara, Kota Medan, Kota Padangsidimpuan

Sumatera Selatan: Kota Palembang

Lampung: Pringsewu

Kepulauan Riau: Kota Batam, Bintan (*Tanjungpinang belum terupdate nasional)

Kalimantan Tengah: Kota Palangkaraya

Kalimantan Barat: Kota Pontianak

Jawa Timur: Bondowoso Kota Madiun, Banyuwangi

Bengkulu:  Kota Bengkulu

Aceh: Aceh Tengah


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews