Stok Vaksin Covid-19 di Batam Melimpah, Amsakar: Ada 174 Ribu Dosis

Stok Vaksin Covid-19 di Batam Melimpah, Amsakar: Ada 174 Ribu Dosis

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad saat meninjau vaksinasi Covid-19 bagi kalangan buruh di Batuampar.

Batam, Batamnews - Stok vaksin Covid-19 di Kota Batam, Kepulauan Riau berlimpah. Hingga Selasa (22/6/2021), tercatat ada 174 ribu dosis vaksin berbagai merek yang tersedia.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad menyampaikan kedaluwarsa 174 ribu dosis vaksin Corona tersebut pada akhir Juli mendatang.

“Yang stok vaksin kemarin sudah selesai diberikan kepada masyarakat, yang masuk sekarang itu kedaluwarsanya akhir Juli,” ujar Amsakar.

Baca: Pemko Batam Targetkan Vaksinasi 16 Ribu Warga Per Hari 

Ia menargetkan stok vaksin itu dapat diberikan kepada masyarakat dalam waktu dua minggu ke depan. Oleh karena itu, dalam sehari ditargetkan 17 ribu dosis vaksin bisa diberikan kepada masyarakat.

“Kami upayakan dua minggu selesai, jadi tak ada persoalan mengenai kedaluwarsa,” imbuhnya.

Amsakar memaparkan perkembangan Batam dalam memberikan vaksin kepada masyarakat sudah mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Berawal dari hanya dapat memvaksin 300 orang, kemudian 1.900 orang.

“Dilanjutkan besoknya 2.500 orang, sudah 4 ribu orang, dan ditargetkan sehari bisa 16 ribu orang,” kata dia.

Baca: Perempuan Teriak Histeris Pasca Vaksin, Ini Penjelasan Dinkes Batam

Menurutnya semakin banyak masyarakat divaksin, maka angka herd imunity juga semakin tinggi. Sehingga, kekebalan tubuh terhadap virus Sars Cov-2 dapat terwujud.

Ia juga mengklaim upaya vaksinasi massal juga dapat menunjang pelaksanaan tracing bagi yang diduga menjadi pasien Covid-19. Karena pada tahapan vaksinasi ada tahap screening, yang mengidentifikasi fisik seseorang.

“Vaksinasi ini ditracing juga, jadi wajarlah kalau kemudian, banyak akhirnya positif-positif, sebelum disuntik dicek tensinya,” kata dia.

Baca: Vaksinasi Massal di Batam Mulai Tertib, Rudi: Jangan Khawatir Vaksin Habis

Sebelumnya, Wali Kota Rudi juga meminta warga Batam tak perlu khawatir akan stok vaksin. Ia memastikan ketersediaan vaksin di Batam saat ini masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Batam. 

(ret)
Komentar Via Facebook :