Kualifikasi Piala Dunia 2022: UEA Pesta 5 Gol ke Gawang Indonesia

Kualifikasi Piala Dunia 2022: UEA Pesta 5 Gol ke Gawang Indonesia

Duel Timnas Indonesia Vs UEA di stadion Zabeel, Dubai, Sabtu (12/6/2021) dini hari. (Bola.com/Dok PSSI)

Uni Emirat Arab, Batamnews - Timnas Indonesia harus mengakhiri Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dengan kebobolan 5 gol. Skuad Garuda dihabisi Uni Emirat Arab (UEA) dengan skor telak 0-5 pada laga Grup G di Zabeel Stadium, Dubai, UEA, Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB.

Gol-gol UEA di laga ini dicetak penyerang Ali Mabkhout pada menit ke-22 dan 49, gelandang serang Fabio Lima (28' dan 55'), serta penyerang Sebastian Tagliabue (86').

Di Zabeel Stadium, sampai menit ke-20, UEA menampilkan permainan cepat dengan bola-bola pendek dari kaki ke kaki. UEA praktis lebih menguasai permainan dan juga lebih sering melancarkan serangan-serangan.

Baca juga: Jadwal Laga Terakhir Timnas Indonesia Vs UEA di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Di sisi lain, Timnas Indonesia masih kesulitan menembus pertahanan UEA.

Menit ke-23, UEA membuka keunggulan lewat striker Ali Mabkhout. Striker 30 tahun yang tengah on fire itu bikin gol usai menerima bola muntah dari sepakan Khalfan Mubarak.

Gol itu bermula dari umpan Makbkhout kepada Mubarak. Usai masuk ke kotak penalti Indonesia, Mubarak melepaskan tendangan kaki kanan yang masih bisa diblok kiper Muhammad Riyandi.

Sayang, bola liar yang masih bergulir di depan gawang terlambat diantisipasi pertahanan Indonesia dan lebih dahulu disambar Makbkhout menjadi gol.

 

Hanya berselang tiga menit setelah gol itu, lantas Fabio Lima menggandakan kedudukan bagi UEA lewat sundulan usai memanfaatkan umpan silang Mahmoud Al Hammadi.

Umpan yang dilepaskan Al Hammadi itu bermula dari kesalahan Rizky Ridho saat membuang bola.

Setelah merebut bola, Al Hammadi langsung melepaskan umpan silang ke kotak penalti, yang berhasil ditanduk dengan baik oleh Lima ke sudut kanan gawang Riyandi.

Baca juga: Kualifikasi Piala Dunia 2022: Vietnam Gasak Indonesia 4-0

Tertinggal 0-2, Timnas Indonesia sendiri sejatinya memiliki kesempatan untuk memperkecil skor pada menit ke-37. Ini setelah kapten UEA, Walid Abbas handsball di kotak terlarang usai menahan tendangan Asnawi Mangkualam.

Sayang, gelandang andalan sekaligus kapten Timnas Indonesia, Evan Dimas yang menjadi eksekutor gagal mengonversi penalti menjadi gol.

Sepakan Evan Dimas ke sisi kiri bawah gawang UEA berhasil dibaca dan dibendung kiper Ali Khaseif. Babak pertama pun berakhir dengan skor 2-0 untuk keunggulan UEA.

Memasuki paruh kedua, laga baru berjalan tiga menit, UEA mendapatkan hadiah penalti setelah Adam Alis melanggar Mubarak di area terlarang. Yang menjadi algojo penalti untuk UEA, siapa lagi kalau bukan penyerang maut andalan mereka, Ali Mabkhout.

 

Pemain yang mencetak hat-trick ke gawang Indonesia saat UEA menang 5-0 pada pertemuan pertama di Grup G, 10 Oktober 2019 lalu itu mengeksekusi penalti dengan sangat baik dan membawa UEA unggul 3-0 pada laga kali ini.

Masuk menit ke-54, Fabio Lima mencetak gol keduanya di laga ini sekaligus membawa UEA unggul 4-0 atas Timnas Indonesia. Pemain naturalisasi berdarah Brasil itu berhasil menyambut umpan silang dari Al Hammadi.

Makin terpuruk, Indonesia hampir saja memperkecil kedudukan via sontekan dari I Kadek Agung. Sayang, sepakan pemain Bali United itu masih bisa dihalau bek UEA.

Memasuki 20 menit jelang laga usai, UEA hampir saja mencetak gol kelima ke gawang Indonesia. lagi-lagi lewat aksi Ali Mabkhout. Namun, sontekan striker Al-Jazira itu masih berhasil digagalkan Riyandi.

Baca juga: Indonesia Tahan Imbang Thailand di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Pada menit ke-86, UEA menambah penderitaan Timnas Indonesia. Skor berubah 5-0, lagi-lagi pemain naturalisasi berhasil mencetak gol.

Kali ini, penyerang berdarah Argentina yang turun sebagai pemain pengganti, Sebastian Tagliabue berhasil mencatatkan namanya di papan skor untuk UEA. Sepakan keras Tagliabue menghujam sisi kanan gawang Indonesia.

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit, skor tak berubah. Sekali lagi Timnas Indonesia harus mengakui kekalahan telak 0-5 dari UEA.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia XI: Muhammad Riyandi; Asnawi Mangkualam, Arif Satria, Rizky Ridho, Pratama Arhan; Osvaldo Haay, Adam Alis, Evan Dimas, Rachmat Irianto, Kadek Agung; Kushedya Hari Yudo.

Asisten Pelatih: Choi In-cheol (Korea Selatan)

Uni Emirat Arab XI: Ali Khaseif; Walid Abbas, Shaheen Amaazmi, Bandar Al Ahbabi, Mahmoud Alhammadi; Ali Hassan Alblooshi, Khalfan Alshamsi, Abdalla Bekheet; Ali Ahmed Mabkhout, Khalfan Alshamsi, Caio Canebo Correa.

Pelatih: Bert van Marwijk (Belanda)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews