Negatif Corona, Ratusan Pasien OTG Tinggalkan Asrama Haji Batam

Negatif Corona, Ratusan Pasien OTG Tinggalkan Asrama Haji Batam

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad menyapa pasien OTG yang menjalani karantina mandiri di Asrama Haji Batam. (Foto: ist)

Batam, Batamnews - Sebanyak 319 pasien Covid-19 tanpa gejala yang menjalani isolasi terpadu di Asrama Haji dinyatakan negatif. Setelah mereka menjalani rapid test antigen, Kamis (3/6/2021). 

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan para pasien yang telah dinyatakan negatif tersebut dapat kembali pulang ke rumahnya masing-masing. 

“Mereka akan didrop di puskesmas tempat mereka dijemput,” ujar Amsakar usai menyapa pasien Covid-19 di Asrama Haji. 

Walaupun telah dinyatakan negatif Covid-19 melalui rapid test antigen, pihaknya tetap akan melakukan pemeriksaan swab Polymare Chain Reaction (PCR) terhadap 319 pasien tersebut.

“Standar sesuai Permenkes, (pasien) OTG cukup dengan swab antigen, kendatipun begitu, kami juga tidak nyaman, makan tetap dilakukan swab PCR,” kata dia. 

Baca: Isolasi Mandiri di Asrama Haji Perlu Dievaluasi

Proses pengambilan sampel usap akan dilakukan di tempat asal mereka dinyatakan positif Covid-19. Para pasien tersebut diimbau tetap melakukan isolasi mandiri sampai hasil PCR dinyatakan negatif Covid-19. 

Sementara itu, dengan dipulangkannya 319 pasien maka kapasitas Asrama Haji makin berkurang. Sehingga pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah dapat dipindahkan ke Asrama tersebut. 

“Rencananya ada 80 orang lagi yang akan masuk (Asrama Haji),” jelasnya. 

Baca: Melihat Semangat untuk Sembuh Pasien Karantina Mandiri di Asrama Haji Batam

Untuk kapasitas Asrama Haji, Amsakar menyebutkan total pasien yang dapat ditampung sebanyak 553 orang. Dengan total pasien yang telah dipulangkan sebanyak 319 orang maka dapat menampung pasien lagi sebanyak 234 orang. 

“Kami mau yang dari rumah-rumah diangkut semua, kemarin angka pasien isolasi mandiri mencapai 700 orang sekarang berangsur berkurang, karena ada yang sembuh,” ujar Amsakar.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews