Komisaris Garuda, Peter F Gontha Minta Pembayaran Gajinya Dihentikan

Komisaris Garuda, Peter F Gontha Minta Pembayaran Gajinya Dihentikan

Peter F Gontha. (Foto: Beritasatu)

Jakarta - Anggota Dewan Komisaris PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) Peter F Gontha mengajukan pemberhentian pembayaran gaji bulan mulai bulan Mei 2021. 

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meringankan beban keuangan yang saat ini dihadapi Garuda.

"Demi sedikit meringankan beban perusahaan, untuk segera, mulai bulan Mei 2021, yang memang pembayarannya ditangguhkan, memberhentikan pembayaran honorarium bulanan kami sampai rapat pemegang saham mendatang," kata Peter Gontha dalam suratnya yang ditujukan kepada Dewan Komisaris Garuda Indonesia dengan tembusan Direktur Keuangan Garuda Indonesia, dilansir Beritasatu, Rabu (2/6/2021).

Dalam surat yang juga diunggah di akun Facebook pribadinya tersebut, Peter mengatakan permohonan ini diajukan karena melihat keadaan keuangan Garuda yang tambah lama tambah kritis.

“Kami sebagai anggota Dewan Komisaris yang sangat mengetahui penyebab-penyebab kejadian ini antara lain, 1) Tidak adanya penghematan biaya operasional, antara lain GHA. 2). Tidak adanya informasi mengenai cara dan narasi negosiasi dengan lessor. 3) Tidak adanya evaluasi atau perubahan penerbangan untuk rute yang merugi. 4) Cash Flow manajemen yang tidak dapat dimengerti. 5) Keputusan yang diambil oleh Kementerian BUMN secara sepihak tanpa koordinasi dan tanpa melibatkan Dewan Komisaris. 6) Saran komisaris yang oleh karenanya tidak diperlukan. 7) Aktivitas komisaris yang oleh karenanya hanya 5-6 jam per minggu,” tulis Peter.

Dengan permohonan tersebut, Peter berharap ada keputusan yang jelas dan mungkin bisa menjadi contoh bagi yang lain agar sadar akan kritisnya keadaan perusahaan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews