Ahli Thailand Sebut Darah Biawak Bisa Obati Berbagai Penyakit

Ahli Thailand Sebut Darah Biawak Bisa Obati Berbagai Penyakit

Ilustrasi biawak air.

Jakarta, Batamnews - Sekelompok peneliti dari Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Thailand mengklaim darah kadal air alias biawak memiliki khasiat untuk mencegah kanker, bakteri, dan kemungkinan virus Covid-19.

Prof. Jitkamol Thanasak, dosen Fakultas Kedokteran mengatakan para peneliti sedang meneliti sistem kekebalan yang memungkinkan terdapat pada kandungan darah pada biawak yang dapat hidup di air tercemar hingga mengonsumsi daging yang busuk.

Dikutip National Thailand, para peneliti telah diberikan izin dari pemerintah untuk mengambil sampel darah biawak air (Varanus salvator), yang merupakan spesies dilindungi.

Baca juga: Presiden Brasil Didenda karena Langgar Pembatasan Corona

Sampel darah digunakan untuk mempelajari karakteristik protein yang merupakan bagian dari sistem kekebalan kadal.

Langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa konstituen dalam darah menghambat beberapa jenis sel kanker dan bakteri, tetapi tidak mempengaruhi sel sehat dalam tubuh manusia.

Para peneliti Universitas Mahidol berencana untuk mematenkan penemuan mereka setelah melakukan penelitian lebih lanjut dan ditinjau oleh sejawat (peer review).

Baca juga: Ketahui Efek Buruk Kelamaan Duduk, Salah Satunya Bisa Picu Hipertensi

Mereka berharap dapat menyelesaikan studi awal darah biawak pada akhir 2021, dan kemudian menguji apakah temuan itu juga dapat memerangi influenza, flu burung, dan Covid-19.

Jitkamol memperoleh gelar doktor dalam Manajemen Sapi di Universitas Utrecht di Belanda. Penelitiannya memperdalam pengobatan sapi, produksi susu dan biawak.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews