Jokowi Resmi Lantik Letjen Ganip Warsito Jadi Kepala BNPB

Jokowi Resmi Lantik Letjen Ganip Warsito Jadi Kepala BNPB

Jokowi resmi melantik Letjen Ganip Warsito jadi Kepala BNPB (Foto: Tangkapan layar YouTube Setpres)

Jakarta, Batamnews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Letjen Ganip Warsito sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Letjen Ganip Warsito pun resmi menggantikan Letjen Doni Monardo, yang memasuki masa pensiun.

Pelantikan dilangsungkan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (25/5/2021). Turut hadir dalam pelantikan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Baca juga: BNPB Anggarkan Rp 2,5 Miliar Pemulangan PMI Lewat Kepri

Pelantikan ini dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Prosesi pelantikan diawali dengan dikumandangkannya lagu Indonesia Raya serta pembacaan keputusan presiden.

Setelah itu, rohaniwan mendampingi Letjen Ganip Warsito saat pembacaan sumpah jabatan. Sumpah jabatan dipandu oleh Jokowi.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD Negara RI Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada nusa dan bangsa. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," ucap Ganip Warsito dipandu Jokowi.

Setelah dilantik, Letjen Ganip Warsito mendapat ucapan selamat dari Jokowi. Disusul kemudian oleh tamu hadirin.

Baca juga: BNPB Anggarkan Rp 2,5 M untuk Pemulangan Ribuan TKI Lewat Kepri

Sebelum menjadi Kepala BNPB, Letjen Ganip Warsito menjabat sebagai Kasum TNI sejak 26 Januari 2021. Sebelum menjadi Kasum TNI, Ganip Warsito menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III. Markas Kogabwilhan III berada di Biak, Papua, dengan wilayah meliputi Pulau Maluku dan Pulau Papua.

Saat berpangkat sebagai mayor jenderal, Ganip Warsito pernah menjabat sebagai Pangdam XII/Merdeka pada 2016 sampai 2018. Kemudian Jadi Asops Panglima TNI pada 2019.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews