Tak Berlakukan Take Away, Tempat Kuliner Terancam Ditutup

Tak Berlakukan Take Away, Tempat Kuliner Terancam Ditutup

Wakil Wali Kota Amsakar Achmad saat menyosialisasikan aturan soal take away di Batam (Foto: Batamnews)

Batam, Batamnews - Sejumlah pimpinan daerah di Batam, Kepulauan Riau, turun ke lapangan. Mereka mengingatkan para pemilik tempat kuliner atau restoran memberlakukan sistem take away.

Ada tiga tempat yang disambangi. Ketiganya adalah pusat kuliner Mitra Raya II, kopitiam Morning Bakery Greenland, dan Morning Bakery Windsor pada Jumat 20 Mei 2021.

Pimpinan daerah itu tergabung dalam Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan pihaknya meminta kepada pengelola restoran dan jasa hiburan untuk dapat menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Kami minta kepada pengelola untuk mengurangi kursi hingga 50 persen, sesuai instruksi dari Mendagri dan surat edaran Wali Kota Batam,” ujar Amsakar usai sosialisasi penerapan prokes.

Dalam kesempatan itu, Amsakar memberitahukan pihak pengelola restoran dan jasa hiburan, menyesuaikan aturan baru ini hingga Senin (24/5/2021). Setelah itu, jika melanggar akan diberikan sanksi.

Sanksi tersebut kata Amsakar bisa berupa surat peringatan (SP) pertama hingga ketiga, dan terancam penutupan tempat usaha. Selanjutkanya mengenai denda pelanggaran prokes diatur dalam Perwako nomor 49 tahun 2020.

“Senin kita pantau, oleh tim dari kecamatan,” kata dia.

Amsakar menyebutkan, tindakan cepat ini diambil karena kasus Covid-19 di Batam, Kepulauan Riau (Kepri) terus meningkat secara signifikan. Bahkan mendapat perhatian khusus dari Presiden RI, Joko Widodo.

Dalam kunjungannya ke Kepri, Jokowi menginstruksikan kepada pimpinan daerah, agar grafik kasus Covid-19 di Kepri maupun Batam bisa menurun.

“Tapi tim tetap bekerja sampai satu bulan kedepan,” katanya.

Kapolresta Barelang, Kombes Pol Yos Guntur mengatakan bahwa Batam sedang dalam zona merah. Untuk itu dari tim gugus tugas Covid-19 tidak akan bekerja maksimal jika didukung oleh masyarakat.

“Kedepan kami akan memeperketat proktokol kesehatan, tolong kerjasamanya,” ujar Yos kepada para pengunjung dan pihak pengelola.

Hadir pada kesempatan tersebut, Dandim 0316, Letkol Kav Sigit Dharma Wiriawan.

 

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews