7 Tanda Seseorang Kecanduan Seks yang Harus Diwaspadai

7 Tanda Seseorang Kecanduan Seks yang Harus Diwaspadai

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Seperti hal nya kecanduan alkohol atau narkotika, orang yang kecanduan seks merasa selalu membutuhkan seks, sebagai sebuah pelarian atau untuk 'memperbaiki' sesuatu yang sifatnya semu.

Kecanduan seks adalah kondisi di mana seseorang secara kompulsif butuh melakukan aktivitas seks. Namun ia sulit mendapatkan kepuasan. Dengan kata lain ia sulit mengendalikan hasrat seks nya.

Dalam ilmu psikologi, kecanduan seks termasuk salah satu gangguan mental, namun sulit dijabarkan kategorinya.

Baca juga: Jangan Keseringan, Ketahui 4 Dampak Buruk Masturbasi

Kecanduan seks bisa berbahaya bagi pengidap maupun orang-orang di sekitarnya. Terutama terkait dengan kemampuannya menjalin hubungan romantis dengan seseorang.

Perilaku ini berpotensi membawa pengaruh negatif baik secara psikis maupun fisik, pada kualitas hidup, hubungan personal hingga keamanan diri sendiri dan orang lain.

Aktivitas seks yang dilakukan pada orang kecanduan seks bisa bermacam-macam mulai dari hubungan badan, masturbasi, mengonsumsi konten pornografi terus menerus atau hal lainnya.

Baca juga: 3 Variasi Bercinta Buat Pasutri Biar Cepat Punya Momongan

Sejumlah pakar psikologi dan konseling percintaan dari Delamere Health Cheshire menjabarkan tujuh gejala seseorang kecanduan seks yang harus diwaspadai.

 

1. Selalu Memikirkan Seks

Kecanduan seks membuat seseorang tak berhenti memikirkan seks bahkan bisa sampai tahap obsesif. Biasanya pikiran-pikiran itu berkaitan dengan aktivitas seks yang ingin dia coba atau menjadi obsesinya.

Memikirkan seks setiap waktu membuat dia jadi kesulitan konsentrasi pada hal lain. Misalnya pekerjaan, keluarga atau lingkungan sosial.

2. Selalu Memiliki Dorongan untuk Melakukan Hubungan Seks

Seperti dilansir Daily Star, otak seseorang yang kecanduan seks seolah memaksa dia untuk bercinta atau melakukan aktivitas seks lainnya. Bahkan ketika dia sadar dorongan itu bisa menimbulkan efek negatif.

Baca juga: Khusus Pria Dewasa! Ini 11 Cara Mengatasi Alat Vital Loyo

3. Menghabiskan Sebagian Besar Waktunya untuk Aktivitas Seks

Ketergantungan akan seks dan keinginan untuk selalu mencari kenikmatan seks bisa membuat seseorang kehilangan waktunya untuk hal lain. Misalnya saja menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, belajar jika dia masih berstatus pelajar, mengatur keuangan hingga merawat diri sendiri.

4. Kehilangan Kontrol Hasratnya Sendiri

Perilaku seks yang tidak wajar sering kali memicu penderita kecanduan seks merasa jijik pada diri sendiri. Mereka juga merasakan penyesalan, tak berdaya, gelisah bahkan depresi.

Umumnya pecandu seks menjalani dua kehidupan yang berbeda. Hal ini membuat mereka terus khawatir rahasia gelapnya terungkap.

5. Tidak Tertarik dengan Aktivitas Lain Kecuali Seks

Baca juga: 8 Manfaat Morning Seks yang Perlu Kamu Tahu, Bisa Hilangkan Stres

Mengacu pada poin pertama, seseorang yang kecanduan seks akan menghabiskan waktunya beraktivitas atau memikirkan tentang seks. Hingga sampai pada poin mereka akan hilang ketertarikan dengan kegiatan lain, misalnya menjalani hobi yang dulu sangat mereka sukai.

6. Menjauhkan Diri dari Keluarga

Perasaan malu dan jijik pada diri sendiri membuat mereka menjauhi orang-orang terdekat, misalnya keluarga atau teman, bahkan pasangan. Sebab mereka tidak ingin keburukannya terbongkar dan dipandang memiliki kelainan.

7. Kecenderungan Menyakiti Diri Sendiri atau Orang Lain

Seorang yang kecanduan seks mungkin akan lebih sering melakukan masturbasi atau berhubungan seks yang sadis, sehingga membuat mereka mengalami sakit fisik. Namun, hal tersebut tidak akan menghentikan tindakan mereka untuk melakukan aktivitas seksual secara berlebihan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews