Tes GeNose Belum Diterapkan di Karimun, Bupati Rafiq Ungkap Alasan

Tes GeNose Belum Diterapkan di Karimun, Bupati Rafiq Ungkap Alasan

Ilustrasi.

Karimun, Batamnews - Pemerintah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau belum memberikan lampu hijau penggunaan tes GeNose bagi penumpang transportasi umum.

Padahal, kelengkapan tes deteksi Covid-19 ini sudah terpasang di Pelabuhan Tanjungbalai Karimun.

Bupati Karimun Aunur Rafiq menyatakan pihaknya akan merapatkan dulu kebijakan ini sehingga hasilnya nanti bisa digunakan sebagai landasan penerapan tes GeNose.

"Khusus di Karimun, saya belum menandatanganinya. Karena pertimbangan-pertimbangan teknis dan pertimbangan sosial masyarakat," ujar Rafiq.

Baca: Setiap Pelabuhan Kabupaten/Kota di Kepri Diminta Siapkan Alat GeNose

Meskipun belum ditandatangani oleh Bupati Karimun, masyarakat yang merasa mampu untuk menggunakan GeNose, dapat menggunakannya.

Sementara, bagi masyarakat yang tidak mampu untuk menggunakan tes GeNose, Pemkab Karimun masih memberikan keringanan dengan menggunakan surat kesehatan sah dari Dinas Kesehatan Kabupaten.

"Kalau itu memang dapat mereka lakukan, diterapkan dan dapat dipertanggungjawabkan. Tapi kita belum merekomendasikan dan belum mewajibkan, karena harus ada pertimbangan-pertimbangan yang nantinya tidak menimbulkan gejolak," ujar Rafiq.

Baca: Test GeNose Bandara Hang Nadim, Terjaring 121 Penumpang Positif Covid

"Sebagai kepala daerah, saya mengatakan bahwa untuk mengurangi beban pada masyarakat, saya belum menandatangani surat rekomendasi penggunaan GeNose," pungkas dia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews