Polisi Malaysia Tak Perlu Banyak Personel Pantau Prokes, Pakai Drone

Polisi Malaysia Tak Perlu Banyak Personel Pantau Prokes, Pakai Drone

Drone canggih milik polisi Malaysia yang digunakan untuk memantau kerumunan publik di bazar Ramadan. (Foto: Bernama)

Kuala Lumpur, Batamnews - Kepolisian Malaysia memiliki cara unik nan efisien untuk memantau kepatuhan penerapan protokol kesehatan di sejumlah bazar Ramadan.

Tak perlu mengerahkan banyak personel yang justru bisa memunculkan kerumunan baru, polisi memilih memanfaatkan kecanggihan teknologi pantau yakni menggunakan drone.

Mengutip Bernama, drone yang dipakai polisi pun bukan ecek-ecek. Drone itu dilengkapi dengan pengeras suara untuk memberikan peringatan kepada pengunjung yang bergerombol.

Video dan gambar yang direkam akan disaksikan di pusat operasi unit drone yang telah disiapkan untuk memantau pergerakan pengunjung di bazaar.

Kepala Polisi Dang Wangi, Kuala Lumpur, ACP Mohamad Zainal Abdullah saat dihubungi mengatakan pemantauan menggunakan drone serta keberadaan polisi di bazar Ramdan akan terus berlanjut hingga Idul Fitri mendatang.

“Saat ini pengunjung tidak banyak dibandingkan saat liburan dan akhir pekan, namun polisi masih memperketat pengawasan di semua pintu masuk bazaar untuk memastikan social distancing terpenuhi,” ujarnya.

Pada 1 Mei, Wakil Inspektur Jenderal Polisi Datuk Seri Acryl Sani Abdullah Sani mengatakan bahwa polisi menggunakan drone untuk memantau kepatuhan SOP di pasar Ramadan dan Idul Fitri di sekitar Lembah Klang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews