https://www.batamnews.co.id

Jam Malam Tempat Usaha di Batam, Kasatpol PP: Maksimal Jam 24.00 WIB

Tim Razia memantau protokol kesehatan di sejumlah kedai kopi, dan pusat kuliner di Kota Batam. (Foto: ist)

Batam, Batamnews - Tim gabungan kembali melakukan monitoring terhadap penerapan protokol kesehatan (prokes) Covid-19, Senin (3/52021) malam. 

Tim ini terdiri TNI/Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). 

Kepala Satpol PP, Salim mengatakan Polri menjadi leading sector (sektor pemimpin) dalam kegiatan tersebut. 

“Kegiatan ini sebagai tindak lanjut instruksi presiden untuk terus meningkatkan prokes dalam rangka menekan laju penyebaran Covid-19,” ujar Salim saat dikonfirmasi, Selasa (4/5/2021). 

Ia menjelaskan pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan dibagi beberapa lokasi, dimana satu tim terdiri dari unsur TNI/Polri dan Satpol PP. Patroli tersebut dilakukan per wilayah Polsek. 

“Patroli per polsek di kawasan mainland,” katanya. 

Pada kesempatan itu, selain mengingatkan penerapan protokol kesehatan, pihaknya juga mengingatkan jam operasional buka usaha selama bulan suci ramadan. Hal itu berdasarkan surat edaran Wali Kota Batam. 

Sebelumnya dalam surat edaran yang ditujukan kepada bupati/wali kota di Kepri, Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyebutkan jika pembatasan aktivitas masyarakat di tempat dan fasilitas umum pada malam hari, maksimal hingga pukul 22.00 WIB.

Namun Salim mengatakan, pihaknya masih memberi kelonggaran hingga pukul 24.00 WIB di Kota Batam. 

“Diingatkan dulu, ditegaskan jam operasionalnya, bahwa maksimal tutup jam 24.00 WIB,” kata dia. 

Mengenai sanksi, Salim menyebutkan masih hanya berupa teguran, setelah diingatkan pihaknya kembali mendatangi lagi tempat usaha tersebut. 

Jika ditemukan tempat usaha yang belum tutup pada jam 24.00 WIB maka pihaknya segera meminta untuk segera ditutup. “Kalau masih buka, kami suruh tutup,” ucapnya.

(ret)