AS Kirim Pesawat Bantu Pencarian Kapal Selam KRI Nanggala

AS Kirim Pesawat Bantu Pencarian Kapal Selam KRI Nanggala

Sejumlah prajurit TNI-AL awak kapal selam KRI Nanggala-402 berada di atas lambung kapal setibanya di Dermaga Koarmatim, Ujung, Surabaya, Jatim, Senin (6/2/2012) (Foto:Antara)

Washington, Batamnews - Militer Amerika Serikat akan mengirimkan tim udara untuk membantu Indonesia mencari kapal selam yang hilang dengan 53 pelaut di dalamnya, kata juru bicara Pentagon John Kirby, Kamis (22/4/2021).

Kirby mengatakan Departemen Pertahanan AS "turut berduka" dengan berita hilangnya kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang pada Rabu (21/4/2021) saat latihan di lepas pantai Bali.

"Pikiran kami bersama para pelaut Indonesia dan keluarganya," kata Kirby dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari channelnewsasia.com.

"Atas undangan pemerintah Indonesia, kami mengirimkan aset udara untuk membantu pencarian kapal selam yang hilang."

Kirby mengatakan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin berencana untuk berbicara pada hari Jumat dengan kepala pertahanan Indonesia Prabowo Subianto "untuk menyampaikan kesedihan kami dan untuk membahas bagaimana lagi Amerika Serikat dapat membantu."

Tumpahan minyak di mana kapal selam diperkirakan tenggelam menunjukkan kemungkinan kerusakan pada tangki bahan bakarnya dan menimbulkan kekhawatiran akan bencana yang mematikan.

Awak kapal buatan Jerman bisa mendapatkan cukup oksigen hingga Sabtu pagi, tetapi waktu dengan cepat habis ketika tim penyelamat menjelajahi pantai di lepas pantai Bali untuk mencari tanda-tanda lokasinya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews