Temuan Varian Corona Asal Inggris di Batam, Dinkes Kepri: Kami Tidak Bisa Mendeteksi

Temuan Varian Corona Asal Inggris di Batam, Dinkes Kepri: Kami Tidak Bisa Mendeteksi

Kepala Dinkes Kepulauan Riau, M Bisri.

Batam, Batamnews - Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau mengakui temuan mutasi virus SARS-CoV-2 varian B1525 di Batam.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepulauan Riau Muhammad Bisri membeberkan temuan tersebut setelah kasusnya diungkap Kementerian Kesehatan. 

Bisri mengatakan temuan tersebut berkat sampel yang dikirim dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Kota Batam kepada Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kemenkes RI. 

“Sampel itu rutin dikirimkan ke Jakarta, kalau kami tidak bisa mendeteksi itu, jadi Balitbangkes yang mendeteksi adanya varian baru itu,” ujar Bisri saat dihubungi, Kamis (15/4/2021). 

Berdasarkan hal tersebut, pihaknya langsung menindaklanjuti kepada orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 varian baru tersebut. 

Bisri menyampaikan yang bersangkutan tidak dilakukan perawatan karena tidak menunjukkan gejala, sehingga diambil langkah dengan melakukan isolasi terhadap pasien tersebut di rumah susun (rusun) milik Pemerintah Kota (Pemko) Batam. 

“Setelah itu dilakukan tracing (penelusuran kontak) terhadap pasien tersebut,” katanya.

Lebih lanjut Bisri menjelaskan bahwa varian baru itu ditengarai lebih menular daripada varian yang lama. Namun setelah upaya tracing dilakukan, tidak ditemukan penyebaran dengan varian baru.

“Jadi hanya satu orang itu saja,” ucapnya.

Saat ini pasien yang terkena varian baru itu sudah dinyatakan sembuh, dan telah diperbolehkan pulang. Bisri juga membenarkan bahwa pasien merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Malaysia.

“Yang bersangkutan sudah pulang, kami harap tidak ada penularan, karena sudah diperiksa,” katanya. 

Sementara itu, Kepala BTKL PP kelas I Batam, Ismail menyatakan hal serupa. Sampel tersebut berasal dari BTKLPP Kelas I Batam.

“Yang dilakukan sekuensing oleh Litbang, sampel yang positif dari kita dikirim ke litbang untuk dilakukan PME (Pemantauan Mutu Eksternal) secara rutin,” kata dia.

Baca: Varian Corona Asal Inggris Ditemukan di Batam Sejak Februari

Kasus baru mutasi virus SARS-CoV-2 varian B1525 ditemukan di Batam, Kepulauan Riau, sejak Februari 2021. Temuan ini diakui oleh Kementerian Kesehatan RI dan merupakan kasus impor.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyebut satu kasus itu teridentifikasi pada satu Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Malaysia yang pulang ke Indonesia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews