Gempa Guncang Malang, Ini Sejumlah Wilayah yang Terdampak

Gempa Guncang Malang, Ini Sejumlah Wilayah yang Terdampak

(Foto: ist)

Jakarta, Batamnews - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa Samudera Hindia Selatan Jawa diguncang gempa tektonik dengan magnitudo 6,1, setelah diupdate dari magnitudo 6,7.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,83 LS dan 112,5 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 96 km arah Selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 80 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengatakan, hingga saat ini, BMKG belum mendapatkan laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Yang pasti, kata dia, berdasarkan monitoring BMKG, guncangan gempabumi dirasakan hampir semua penduduk. di daerah Turen V MMI.

"Getaran dirasakan nyata dalam rumah di wilayah tersebut, kemudian di Kediri, Trenggalek, Jombang III-IV MMI, Nganjuk, Ponorogo, Madiun, Ngawi, Yogyakarta," ujarnya dilansir merdeka.com.

Kemudian getaran juga dirasakan warga di Lombok Barat, Mataram, Kuta, Jimbaran, Denpasar III MMI, Karangkates, Malang, Blitar IV MMI

Sementara itu, lanjut Bambang, warga Mojokerto, Klaten, Lombok Utara, Sumbawa, Tabanan, Klungkung, Banjarnegara II MMI merasakan getaran terasa seakan sedang truk berlalu.

"Getaran dirasakan hanya beberapa orang di wilayah tersebut, seperti benda-benda ringan yang digantung bergoyang," ungkapnya.

Bambang menegaskan, gempa tidak menimbulkan tsunami. Selain itu, berdasarkan hasil monitoring BMKG pukul 14.25 tidak menunjukkan adanya gempa susulan.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," ungkapnya.

"Masyarakat diimbau tetap tenang dan menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," imbaunya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews