Misteri Munculnya Ratusan Lubang Raksasa Setelah Gempa Kroasia

Misteri Munculnya Ratusan Lubang Raksasa Setelah Gempa Kroasia

Kemunculan lubang raksasa setelah gempa Kroasia.

Kroasia - Selasa, 29 Desember 2020 lalu Kota Petrinja, Kroasia diguncang gempa kerak dangkal yang menyebabkan kerusakan serta kepanikan yang luar biasa para penduduknya.

Dilansir dari Liputan6.com, gempa ini memiliki kekuatan 6,4. Pusat gempanya terletak sekitar 3 kilometer arah barat daya Kota Petrinja dan memiliki kedalaman 10 kilometer.

Tak hanya di Petrinja, gempa ini juga dirasakan di hampir seluruh wilayah Balkan. Gempa Kroasia menimbulkan banyak kerusakan dan tujuh orang dilaporkan meninggal dunia.

Tak hanya mengakibatkan jatuhnya korban dan segala kerusakan, gempa ini menciptakan sebuah fenomena misterius. Fenomena itu berupa munculnya ratusan lubang raksasa yang tersebar di seluruh wilayah Kroasia.

Salah satu lubang muncul pada sebuah ladang di Desa Mecencani, desa yang terletak sekitar 40 kilometer di sebelah barat daya Kota Zagreb, Ibu Kota Kroasia. Dalam sebuah foto yang diambil pada Rabu, 10 Maret 2021 tampak lubang berdiameter luas sudah hampir penuh terisi air. Hal ini membuat sulit untuk memperkirakan berapa kedalaman lubang itu.

Tak hanya pada ladang, lubang juga muncul pada halaman rumah penduduk di desa itu. Dengan panjang diameter yang mencapai 25 meter dan kedalaman 15 meter, keberadaan lubang-lubang itu menciptakan keresahan yang luar biasa bagi para penduduk Mecencani yang masih berusaha bangkit setelah bencana.

Menurut pengamat geologi asal Kroasia, Stjepan Terzic, kemunculan lubang itu sebenarnya merupakan fenomena yang normal. Gempa-gempa susulan yang masih terjadi setelah gempa besar 29 Desember berdampak pada kemunculan lubang-lubang di Mecencani dan tempat-tempat lainnya.

“Jadi, lubang-lubang itu muncul dalam waktu singkat. Padahal dalam kondisi normal, butuh waktu puluhan tahun atau bahkan lebih lama lagi,” kata Stjepan dikutip dari AFP News.

Bagaimanapun, gempa yang terjadi di akhir tahun 2020 itu merupakan rangkaian gempa besar setelah gempa besar pada 22 Maret 2020.

“Balai kota rusak dan batu bata serta tembok plester rubuh. Orang-orang di jalanan panik. Beberapa fasilitas rusak parah sehingga warga takut untuk memasukinya. Kami akan mencoba mencari solusi untuk semua orang yang tidak bisa tidur di rumah mereka dan menyelamatkan mereka,” kata Wali Kota Petrinja, Darinko Dumbovic, dikutip dari Liputan6.com.

Sementara itu Perdana Menteri Kroasia, Andrej Plenkovic dan Presiden Zoran Milanovic, memeriksa situasi setelah bencana gempa bumi itu.

“Kami sudah memiliki banyak pengalaman dengan gempa bumi. Kami akan membuat daftar kerusakan dan membantu Sisak, Petrinja, dan lainnya sehingga kerusakan segera diperbaiki,” kata Plenkovic.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews