Gempa dan Tsunami Guncang Jepang, Sejumlah Bangunan Hancur

Gempa dan Tsunami Guncang Jepang, Sejumlah Bangunan Hancur

Ilustrasi.

Miyagi, Batamnews - Gempa bumi disertai tsunami mengguncang Prefektur Miyagi, Jepang pada Sabtu (20/3/2021). Sejumlah bangunan dilaporkan hancur.

Gempa tersebut melanda pantai Prefektur Miyagi pada pukul 17:26. dan memiliki magnitudo 7,2 pada kedalaman 60 km, kata Badan Meteorologi Jepang, dikutip CNBC Indonesia.

NHK memperingatkan masyarakat agar tidak mendekati pantai. Tokyo Electric Power mengatakan tidak menemukan permasalahan di pembangkit nuklir Fukushima Daiichi - yang hancur oleh gempa besar Maret 2011 yang menyebabkan krisis nuklir dan evakuasi massal. Seorang juru bicara mengatakan juga tidak ada kejanggalan di fasilitas Daini di dekatnya.

Regulator nuklir Jepang menyatakan tidak ada penyimpangan di pembangkit nuklir Onagawa milik Tohoku Electric Power Co. Sementara itu, Prefektur Miyagi mengalami pemadaman listrik di beberapa daerah, menurut situs Jaringan Tenaga Listrik Tohoku.

NHK mengatakan layanan Kereta Super Cepat Shinkansen Tohoku telah dihentikan.

"Itu benar-benar guncangan yang sangat buruk, lama dari sisi ke sisi. Bahkan lebih lama dari gempa bulan lalu, tapi setidaknya bangunan di sini baik-baik saja, "kata warga Shizue Onodera kepada NHK dari toko tempat dia bekerja di kota Ishinomaki.

"Banyak botol pecah di lantai. Tetapi Listrik menyala." ujarnya,

Rekaman NHK dari dalam kantor biro Sendai menunjukkan sebuah plakat yang digantung di langit-langit bergetar selama sekitar 30 detik setelah gempa. Namun, tidak dilaporkan barang jatuh dari rak atau kerusakan langsung.

Gempa bisa dirasakan di Tokyo sekitar 400 km selatan pusat gempa.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews