Bandara Hang Nadim Uji Coba Tes GeNose untuk Calon Penumpang

Bandara Hang Nadim Uji Coba Tes GeNose untuk Calon Penumpang

Anggota DPRD Kepri Yudi Kurnain mencoba layanan tes GeNose yang mulai diujicoba penerapannya di Bandara Hang Nadim, Batam. (Foto: Yude/batamnews)

Batam, Batamnews - Tes Covid-19 dengan GeNose mulai diujicoba penerapannya di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (1/4/2021).

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam Amran menjelaskan, uji coba ini nantinya akan dilakukan selama seminggu ke depan.

“Meskipun pemberlakuannya bisa saja lebih cepat, tergantung dari hasil evaluasi nanti,” kata Amran.

Apabila alat GeNose ini sudah diberlakukan di Bandara Hang Nadim, ia menyebut tidak ada lagi penggunaan rapid antigen bagi penumpang.

General Manager BUBU Hang Nadim Batam, Beny Syahroni menambahkan tarif tes GeNose di bandara tersebut masih belum ditentukan.

Namun ia memastikan tarifnya jauh di bawah rapid antigen, yang berkisar Rp 30 ribu hingga Rp 40 ribu saja untuk sekali tes.

GeNose, alat deteksi virus corona buatan UGM telah resmi diizinkan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19. Awalnya digunakan sebagai syarat perjalanan di keretaapi dan bus namun kini juga dipakai di penerbangan.

Cara kerjanya menggunakan embusan nafas melalui teknologi artificial intelligense atau kecedasan buatan dengan tingkat akurasi mencapai 97%


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews