Bupati Dharmasraya Sutan Riska Daftar Jadi Calon Ketua Umum APKASI

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Daftar Jadi Calon Ketua Umum APKASI

(Foto: ist)

Jakarta, Batamnews - Musyawarah nasional (Munas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten seluruh Indonesia (APKASI) bakal digelar pada Jumat 26 Maret 2021. Salah satu agendanya pemilihan ketua umum APKASI periode 2021-2026.

Direktur Eksekutif APKASI Sarman Simanjorang mengatakan, hingga saat ini baru satu bupati yang mendaftar sebagai calon ketua umum, yaitu Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

"Yang sudah mendaftar baru pak Sutan Riska. Beliau juga sudah bertemu dengan Pak Mensesneg," ujar Direktur Eksekutif APKASI Sarman Simanjorang, Kamis (25/3/2021).

Sutan Riska mulai menjabat sebagai Bupati Dharmasraya pada 2015. Ia menjadi bupati termuda di Indonesia saat itu dengan usia 26 tahun. Sutan Riska kembali terpilih sebagai Bupati Dharmasraya untuk periode kedua pada Pilkada 2020.

Kata Sarman, bupati yang kini berusia 32 tahun itu telah menyerahkan dokumen pendaftaran kepada Ketua Steering Committee Munas V Apkasi, yang juga Sekretaris Jenderal APKASI Najmul Akhyar beberapa waktu lalu.

Sarman mengatakan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi calon ketua umum, di antaranya pernah menjadi pengurus APKASI, sisa masa jabatan minimal 3 tahun, serta memiliki visi dan misi dalam mengembangkan organisasi yang dideklarasikan pada 30 Mei 2000 itu.

"Dari persyaratan tersebut, Sutan Riska sudah memenuhinya. Sutan Riska saat ini menjabat Wakil Ketua Umum APKASI," ujarnya.

Ia menyebut, munas yang digelar secara hybrid ini akan dibuka langsung Presiden Joko Widodo dari Istana Merdeka. Munas kali ini mengusung tema "Penguatan Kapasitas Daerah dalam Rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Kolaborasi Pusat, Daerah dan Swasta serta Dukungan Kebijakan yang Berpihak".

Kata dia, ketua umum yang terpilih dalam munas akan dikukuhkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews