Jangan Tertipu, Ini Tips Menghindari Arisan Online Bodong

Jangan Tertipu, Ini Tips Menghindari Arisan Online Bodong

Ilustrasi.

Batam, Batamnews - Penangkapan seorang perempuan 'bandar' arisan online membongkar kasus penipuan yang terjadi di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

Adalah perempuan berinisial E, yang ditangkap oleh polisi di atas kapal KM Bukit Raya yang berlayar dari Natuna menuju Batam pada Rabu (24/3/2021) lalu.

Dari keterangan polisi, korban aksi tipu-tipu E ini cukup banyak dan nilainya mencapai miliaran rupiah.

Lalu bagaimana cara agar terhindar dari arisan bodong yang penuh dengan janji-janji menggiurkan ini? Berikut tips yang dirangkum Batamnews dari berbagai sumber : 

Kenali identitas usaha dan pemiliknya

Apbila sebuah bisnis jasa atau produk itu benar adanya maka pemilik arisan akan menginformasiklan kepada seluruh anggota arisan terkait identitas pemilik seperti : nama pemilik, alamat lengkap, nomor telepon, dan juga surat izin usaha. 

Namun jika seseorang itu tidak memberitahu informasi mengenai data pribadinnya maka sudah dipastikan itu penipuan. Pelaku akan memakai identitas palsu, mulai dari nama, nomor handphone, dan alamat palsu. 

Baca: Tersangka Arisan Miliaran Tiba di Bandara Natuna, Korban: Halo Say Apa Kabar?

Tujuannya agar korban yang ikut kerjasama dengannya tidak bisa mencari keberadaaan si pelaku. 

Kemudian pelaku akan mengalihkan pembicaraan jika anggotanya akan bertanya terkait usaha yang di alankannya. 

Pahami Sistem Arisan

Jika Anda ditawarkan untuk bergabung menjadi anggota arisan online dan diiming-imingi untung yang besar, maka disarankan jangan terlalu cepat menerimanya. Lebih baik cari tahu terlebih dahulu kebenarannya. 

Anda berhak bertanya keseluruhan terkait arisan tersebut. Termasuk juga tanya bagaimana penyetoran, pengundian, cara memperoleh keuntungan dan saksinya apa apabila ada yang tidak bayar, hingga bagaimana cara merekrut anggota. 
hal tersebut dilakukan agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Artikel ini ditulis oleh Ainiyah Rahman Hasibuan. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews