Lupakan Dewa Kipas, Pecatur Cilik Indonesia Ini Bikin GothamChess Takjub

Lupakan Dewa Kipas, Pecatur Cilik Indonesia Ini Bikin GothamChess Takjub

Satria Duta. (Foto: kumparan)

Jakarta, Batamnews - Catur, Dewa Kipas dan GothamChess menjadi trending topik dalam beberapa pekan terakhir di Indonesia.

Namun, nama Dewa Kipas alias Dadang Subur pun mulai meredup seiring dengan kekalahannya dari WGM Irene Kharisma Sukandar.

Selain itu, kecurangan Dewa Kipas dalam pertandingan di Chess.com pun mulai terkuak dan hal itu diakui oleh sang anak, Ali Akbar.

Terkini, nama baru muncul dari Indonesia. Adalah Satria Duta, seorang pecatur cilik Indonesia menjadi buah bibir karena talentanya di papan catur.

Ia bahkan tercatat pernah mengalahkan GothamChess dalam pertandingan di Chess.com.

Tak hanya GothamChess, Satria juga diketahui pernah mengandaskan GM Novendra Priasmoro. Nama Novendra juga menjadi perhatian karena diketahui mampu mengalahkan GothamChess hingga sembilan kali. 

Dari data di Chess.com. Satria bertemu Novendra pada 15 Maret 2020 lalu. Pada laga itu, Satria tercatat memiliki akurasi 82,4 persen, sementara Novendra dengan akun bocah_sakit hanya memiliki akurasi 70,2 persen dengan tiga blunder. 

Atas fakta itu, GothamChess mengaku takjub dengan skill dari Satria. Pasalnya, dalam data Federasi Catur Dunia (FIDE) soal daftar pecatur terbaik di Indonesia, Novendra berada di peringkat kedua di bawah GM Megaranto Susanto. Sementara, Satria berada di urutan ke-200.

"Pecatur muda (Satria Duta) yang brilian dari Indonesia ini berpotensi menjadi Grandmaster besar berikutnya. Saya berharap yang terbaik untuk Satria dan keluarganya. Saya pun berharap dia bisa menjadi pecatur nomor 1 di negaranya," ujar GothamChess.

Ya, GothamChess harus mengakui keunggulan Satria yang masih berusia 12 tahun pada Agustus 2020 dalam duel yang berlangsung tiga menit di Chess.com. 
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews