STQ IX Lingga, Bupati Nizar: Kegiatan Keagamaan Harus Tetap Jalan

STQ IX Lingga, Bupati Nizar: Kegiatan Keagamaan Harus Tetap Jalan

Bupati Lingga Muhammad Nizar bersama Wakilnya Neko Wesha Pawelloy saat menggelar rapat secara virtual, kemarin.

Lingga - Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) IX tingkat Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), tinggal menghitung hari. Persiapan mulai dari astaka utama hingga panggung tamu undangan telah mencapai tahap finishing.

STQ IX ini digelar di Halaman Kantor Bupati Lingga, Kelurahan Daik, Kecamatan Lingga, 11-17 Maret mendatang.

Bupati Lingga, Muhammad Nizar pun berharap pelaksanaan ivent keagamaan ini bisa berjalan lancar, meski pun digelar di tengah pandemi virus Corona (Covid-19). Namun tentunya tetap dengan penerapan protokol kesehatan.

"Sebentar lagi kita akan menggelar STQ, saya harap kesiapan kegiatan ini bisa dipertajam dan dimaksimalkan dengan harus tetap menjaga protokol Covid-19," kata Nizar didampingi Wakilnya Neko Wesha Pawelloy saat menggelar rapat koordinasi secara virtual bersama OPD Pemkab Lingga, Senin (8/3/2021).

Nizar menegaskan, OPD terkait harus mampu menjadikan STQ IX tahun 2021 ini berjalan sukses, meskipun dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

"Jadi, meskipun dalam kondisi seperti ini, kegiatan keagamaan harus bisa berjalan,” ujar Nizar.

Sebelumnya, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) di Setretariat Daerah (Setda) Lingga, Jaya Atmajaria mengatakan bahwa pelaksanaan STQ IX ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan-kegiatan seremonial ditiadakan akibat pandemi Corona.

"Karena dalam kondisi pandemi, maka acara seremonial dibatasi. Jadi, pawai taaruf, malam taaruf, stand bazar, penggembira, serta lomba rebana ditiadakan," sebut Jaya.

Sebagaimana diketahui, adapun cabang lomba yang bakal dipertandingkan pada STQ IX tahun 2021 ini yakni, cabang Musabaqah Karya Ilmiah Al Qur'an (KTIQ), Fahmil, Tartil, Hifzil 1, 5 dan 10 Juz, serta Qira'at Murottal.

Kemudian Tilawah Dewasa, Remaja, serta Anak-anak, Khatil Qur'an, dan terakhir Syarhil Qur'an. Sedangkan untuk pertandingan rebana ditiadakan.

Baca: STQ Lingga 2021 Digelar Berbeda, Tak Ada Pawai Taaruf hingga Stand Bazar


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews