Anies Resmikan Patung Yuri Gagarin, Tandai 70 Tahun Hubungan RI-Rusia

Anies Resmikan Patung Yuri Gagarin, Tandai 70 Tahun Hubungan RI-Rusia

Anies Baswedan resmikan patung Kosmonot Uni Soviet, Yuri Gagarin di Balai Kota.

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan patung Kosmonot Uni Soviet, Yuri Gagarin di Balai Kota, DKI Jakarta. Peresmian patung manusia pertama di ruang angkasa itu dilakukan melalui penandatanganan prasasti oleh Anies serta Wakil Menteri Luar Negeri RI Mahendra Siregar, dan Dubes Federasi Rusia Lyudmila Vorobieva.

Dikutip dari website resmi Kementerian Luar Negeri, peresmian patung ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan 70 Tahun hubungan diplomatik antara Indonesia-Rusia yang telah dimulai di awal 2020 lalu.

"Kehadiran Patung Yuri Gagarin di Taman Mataram memaknai keeratan warga Jakarta dengan Rusia, khususnya dalam mendukung sejarah 70 tahun hubungan bilateral kedua negara serta menciptakan ruang terbuka hijau yang sejuk dan nyaman bagi publik Jakarta," kata Anies dikutip dari siaran resmi Kemlu RI, Senin (15/3/2021).

Dalam kesempatan yang sama, Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva menekankan hubungan persahabatan kedua negara yang terus berkembang berdasarkan prinsip saling percaya dan kesetaraan, dan sampaikan apresiasi kepada Pemprov DKI Jakarta atas kesediaan menempatkan patung Yuri Gagarin di Taman Mataram, Jakarta Selatan.

Sementara itu, Deputi Walikota Moskow Sergey Cheremin juga menyampaikan apresiasi atas adanya interaksi kuat dalam bentuk kerjasama kebudayaan kebudayaan antara Jakarta dan Moskow, meskipun di tengah pandemi Covid-19.

Wamenlu Mahendra Siregar mengatakan, sosok Yuri Gagarin telah sejak lama menginspirasi kaum muda Indonesia untuk terus berprestasi. Dia mengatakan, figur Yuri sebagai manusia pertama yang pergi ke luar angkasa tidak hanya menjadi pahlawan bagi masyarakat Rusia, namun juga menjadi ‘Hero of Men.’ Mahendra pun menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Federasi Rusia atas hibah patung tersebut.

Patung Yuri Gagarin memiliki tinggi 282 cm, lebar antar lengan 225 cm, lebar dasar 145 x 175 cm, berat 500 kg, material terbuat dari perunggu dan merupakan karya dari seniman Rusia A.D. Leonov.

Yuri Gagarin merupakan Kolonel Angkatan Udara dan Kosmonot Uni Soviet yang menjadi manusia pertama di ruang angkasa selama 108 menit dan satu kali mengelilingi orbit bumi pada 12 April 1961 menggunakan wahana Vostok 1.

Keberhasilan misi ini menandai era baru eksplorasi antariksa dan menjadi salah satu inspirasi Indonesia dalam pengembangan ilmu antariksa dan proyek roket nasional. Sebagai penghargaan atas capaian tersebut, Presiden Republik Indonesia Soekarno pada bulan Juni 1961 menganugerahkan Penghargaan Tertinggi Kelas II Republik Indonesia kepada Yuri Gagarin.

Sebagai informasi, sejumlah kegiatan telah diselenggarakan sepanjang tahun 2020 sebagai bentuk diplomasi Indonesia-Rusia, antara lain dalam bentuk pameran lukisan hasil karya seniman Rusia mengenai Indonesia serta foto arsip hubungan diplomatik RI-Rusia di Galeri Nasional, Jakarta pada 3-17 Februari 2020.

(fox)