Diderita Amanda Manopo, Kenali Gejala dan Cara Pengobatan Penyakit Tifus

Diderita Amanda Manopo, Kenali Gejala dan Cara Pengobatan Penyakit Tifus

Amanda Manopo (Foto:instagram/@amandamanopo)

Jakarta - Pemeran Andin dalam Ikatan Cinta, Amanda Manopo mendadak menghilang dari sinetron tersebut. Melalui instagram livenya, dia mengungkapkan dirinya sedang sakit. Amanda Manopo mengungkapkan dirinya terkena tifus.

"Aku sakit tifus. Aku lagi sakit tifus, tifus itu ada berbagai macam golongan, aku lupa ada golongan tifus apa gitu," aku Amanda Manopo.

Dia juga mengungkapkan kalau dirinya masih pemulihan tubuh dan bed rest.

"Kemungkinan beberapa episode aku nggak ada dulu, guys," ucapnya.

Apa sebenarnya tipes atau tifus seperti yang dialami Amanda Manopo? Tipes atau penyakit tifus disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella. Penyakit ini biasanya menular dari tungau, kutu yang membawa bakteri tersebut.

"Tifus adalah penyakit karena infeksi Salmonella thypi," ucap Nella Suhuyanly, dokter penyakit dalam dari OMNI hospital dilansir dari CNNIndonesia.com, Jumat (5/3/2021).

Penyakit ini identik dengan penyakit yang muncul karena kurangnya kebersihan. Namun penyakit ini juga masih bisa menyebar di tempat-tempat dengan sanitasi yang buruk atau ditularkan oleh hewan yang terinfeksi.

"Penyakit ini jalurnya lewat makanan kotor atau yang terkontaminasi. Ini adalah penyakit yang pure disebabkan karena makanan atau oral." 

"Ada juga yang kambuhan atau yang disebut paratifus. Ini terjadi saat tubuh sudah terinfeksi tapi tak langsung menyebabkan penyakit. Dan penyakit baru muncul ketika kelelahan dan daya tahan tubuh menurun."

 

Gejala tifus

Gejala tipes biasanya muncul pada satu hingga tiga minggu usai tubuh terpapar bakteri. Gejala yang muncul mulai dari demam tinggi, diare, sakit kepala, dan sakit perut.

Beberapa gejala lain yang muncul adalah panas dingin,nyeri otot, ruam, mual, sakit perut, muntah, dan lemas. 

"Gejala yang khas dari tifus itu biasanya dari demamnya. Pagi hari dia baik-baik saja tapi demam naik lagi ketika sore hari. Ini karena aktivitas si bakterinya," ucap dia. 

"Selain itu, yang khas juga adalah lidah putih. Tapi tetap harus ada kombinasi dengan gejala lain." 

Hanya saja untuk menentukan diagnosisnya, tipes harus dipastikan lewat tes darah.

Pencegahan dan pengobatan tifus

Tipes atau tifus seperti yang dialami Amanda Manopo bisa dicegah dengan berbagai cara. Penyakit ini memang identik dengan kebersihan dan juga daya tahan tubuh agar tak terlalu lelah.

Berikut tips mencegah tifus agar tak sakit seperti Amanda Manopo:

1. Jaga kebersihan:
Ini termasuk kebersihan pribadi dan lingkungan sekitar. Bersihkan tubuh dengan mandi setiap hari, mengganti baju, cuci tangan.
2. Makan makanan yang bersih
3. Jaga kesehatan tubuh dengan tidak terlalu lelah beraktivitas.
4. Hindari bepergian ke tempat yang masih endemik tipus.

Untuk pengobatan tifus seperti yang diderita Amanda Manopo harus menggunakan antibiotik dan perubahan pola makan yang benar. 

"Kalau obat cacing untuk tifus, itu masih belum ada bukti ilmiahnya. Tapi masih banyak orang yang memakai obat cacing kapsul ini buat mengobati tifus. Tapi secara medis tidak disarankan karena memang belum ada evidencenya." 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews