Satgas: Vaksin Sinovac Masih Efektif Lawan Mutasi Covid-19 B117

Satgas: Vaksin Sinovac Masih Efektif Lawan Mutasi Covid-19 B117

ilustrasi.

Jakarta - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito memastikan vaksin Covid-19 Sinovac masih efektif melawan varian baru corona B117. Mutasi dari virus SARS-CoV-2 itu tidak mempengaruhi efektivitas vaksin Sinovac.

 

"Pemerintah memastikan vaksin Covid-19 yang saat ini digunakan di Indonesia masih efektif dalam melawan mutasi Covid-19 asal Inggris yaitu B117," katanya dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia, Kamis (3/2/2021).

Wiku mengimbau masyarakat tidak khawatir masuknya varian Covid-19 B117. Meski demikian, dia meminta masyarakat tidak mengabaikan protokol kesehatan kendati vaksin Sinovac masih efektif melawan mutasi Covid-19 itu.

"Kami meminta kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19," ujarnya.

Sebelumnya, juru bicara vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan varian baru corona B117 tidak mempengaruhi efektivitas vaksin Sinovac. Mutasi Covid-19 dari Inggris itu masuk ke Indonesia pada awal Februari 2021 melalui WNI dari Arab Saudi.

"Sampai saat ini mutasi (varian baru corona B117) tidak mempengaruhi efektivitas vaksin. Jadi tidak akan mempengaruhi kekebalan kelompok," katanya, Rabu (3/3/2021).

Nadia mengakui tingkat penularan varian baru corona B117 lebih cepat daripada SARS-CoV-2. Namun, kecepatan penularan mutasi virus tersebut tidak menyebabkan kondisi pasien menjadi berat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews