https://www.batamnews.co.id

Malaysia Bakal Musnahkan 3.000 Babi Akibat Wabah Flu Afrika

Ilustrasi

Jakarta - Pemerintah Malaysia berencana memusnahkan sekitar tiga ribu ekor babi di peternakan dan babi hutan akibat wabah flu babi Afrika.

Dilansir Reuters, Selasa (2/3/2021), wabah flu babi Afrika itu terdeteksi menjangkiti 300 ekor babi di Distrik Pitas, Kota Marudu dan Beluran, Negara Bagian Sabah.

Ini adalah pertama kalinya Malaysia mendeteksi wabah flu babi Afrika di wilayah mereka.

Menurut Wakil Menteri Besar Sabah, Jeffrey Kitingan, pada akhir pekan lalu pemerintah terpaksa membunuh 22 ekor babi yang terjangkit penyakit itu.

"Diperkirakan ada 2.000 ekor babi di Pitas dan ada sekitar seribu ekor babi hutan dalam radius 50 kilometer. Seluruh binatang ini harus dimusnahkan," kata Kitingan.

Flu babi Afrika sangat mematikan bagi hewan, tetapi belum ditemukan bukti penyakit itu membahayakan manusia. Namun, wabah itu bisa membuat kelangkaan daging babi yang dijadikan bahan pangan sejumlah penduduk.

China yang merupakan penghasil daging babi terbesar di dunia mendeteksi varian baru virus flu babi pada pekan lalu. Virus mutasi itu ditemukan di sejumlah peternakan babi sepanjang 2018 hingga 2019, dan kini menyerang babi hutan.

(ruz)