8 Manfaat Emas, Mulai dari Investasi hingga Kecantikan

8 Manfaat Emas, Mulai dari Investasi hingga Kecantikan

Ilustrasi

Jakarta - Emas adalah logam mulia yang memiliki nilai tinggi dan sangat berharga. Tak hanya itu, emas diminati banyak orang karena memiliki manfaat yang beragam.

Selain dijadikan perhiasan, dekorasi, koleksi, alat pembayaran, dan barang investasi, emas juga dapat digunakan untuk kesehatan serta kecantikan. Bahkan, emas juga dapat diolah menjadi barang industri.

Dalam hal kecantikan, emas dipercaya mampu membuat awet muda dan tetap terlihat cantik. Perawatan kulit dengan memakai emas ini ternyata sudah ada sejak zaman dahulu.

Konon, Cleopatra, Ratu Mesir yang sangat cantik, menggunakan emas sebagai perawatan utama. Sementara, emas juga bisa dimanfaatkan untuk bidang industri setelah adanya perkembangan teknologi.

Emas memiliki karakteristik khusus dari kilauan, serta sifat-sifat yaitu mudah dibentuk dan tidak mudah cacat. Biasanya, emas dicampur dengan logam lain saat diolah, sebelum akhirnya menjadi lembaran, batang, koin, kabel, serat, dan lainnya.

Melansir dari sejumlah sumber, berikut beberapa manfaat emas:

1. Manfaat Emas dalam Bidang Ekonomi

Pertama, emas sangat bermanfaat dalam bidang ekonomi karena menjadi salah satu komoditi yang bernilai jual tinggi. Dapat dilihat dari kegunaan emas sebagai pengganti uang untuk bertransaksi sejak zaman dulu kala.

Tak hanya itu, emas bisa digunakan sebagai cadangan devisa suatu negara karena nilai jualnya tinggi. Hal ini disebabkan karena emas bersifat convertible, atau semua negara dapat menerima emas sebagai alat pembayaran
internasional yang sah.

Bentuk emas yang dapat diterima yaitu emas batangan. Emas juga dapat diperjualbelikan dalam bentuk fisik dan non-fisik, seperti bentuk saham di bursa perdagangan.

 

2. Manfaat Emas dalam Bidang Agama

Dalam beberapa agama, emas dianggap suci dan melambangkan keagungan. Hal ini dapat dilihat dari berbagai benda keagamaan yang terbuat dari emas.

Contohnya, di Vihara Wat Pho, Bangkok, ada patung Buddha dari emas yang diberi nama Reclining Buddha. Agama Islam dan Kristen juga menggunakan emas untuk menghiasi tempat ibadah mereka. Seperti Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin di Brunei yang berkubah emas, dan gereja La Compania di Roma dengan arsitektur berlapis emas.

3. Manfaat Emas dalam Bidang Sosial

Dalam bidang sosial yang berkaitan dengan masyarakat, emas identik dengan lambang kekayaan. Maka, tak heran banyak orang yang bangga memamerkan emas sebagai perhiasan atau koleksi mereka.

Ini juga berlaku bagi mereka yang tidak memamerkan emas di depan umum. Mereka yang menyimpan emas sebagai investasi baik dalam bentuk batang atau koin akan dianggap orang berada. Secara tak sadar, mereka mempunyai kedudukan sosial yang lebih tinggi di masyarakat.

4. Manfaat Emas dalam Bidang Industri

Manfaat emas selanjutnya, dalam bidang industri yaitu emas untuk dijadikan perhiasan. Sifat yang lunak, mudah ditempa, mewah, dan berkilau membuat industri melirik emas untuk dibuat perhiasan. Selain perhiasan, emas juga bisa dibuat dalam bentuk seperti pajangan, suvenir, dan lain-lain.

Tak hanya industri yang umum, ada juga yang unik-unik. Seperti emas ke dalam bahan pembuatan kaca khusus hingga pelindung helm astronot, karena berfungsi sebagai pemantul radiasi sinar matahari.

Selain itu, emas juga dijadikan sebagai pelapis bahan bangunan. NASA juga menggunakan emas untuk berbagai elemen di pesawat luar angkasa, seperti bahan sirkuit dan pelumas untuk kendaraan luar angkasa karena bersifat konduktor yang baik dan antikarat.

 

5. Manfaat Emas dalam Bidang Kesehatan

Berikutnya, emas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan sering dimanfaatkan sebagai salah satu campuran obat. Di antaranya seperti dapat menjaga kesehatan jantung karena bisa memperlancar oksigen dalam darah sehingga menjadi lebih lancar.

Lalu, emas juga memiliki manfaat dalam melancarkan aliran kelenjar getah bening, terutama di area wajah. Dengan teratur menjalani perawatan kulit dengan emas, kulit wajah akan terhindar dari pembengkakan, iritasi, kemerahan, dan dapat menghilangkan lingkaran hitam.

Terakhir, manfaat emas di dunia kedokteran gigi, yaitu untuk melapisi gigi palsu sebagai ganti gigi berlubang atau yang sudah tanggal.

6. Manfaat Emas dalam Bidang Kecantikan

Manfaat emas sangat banyak untuk kecantikan tubuh dan wajah. Di antaranya untuk mengurangi kerutan, garis halus, dan noda hitam terutama pada muka, yang dapat membuat seseorang lebih muda.

Lalu, mencegah penuaan dini pada kulit sehingga dapat mencegah penuaan. Emas juga dapat mencerahkan kulit karena efek refleksi atau pemantulan cahaya pada kulit.

Selain itu, emas dapat menghambat penurunan kolagen, mengobati kerusakan kulit akibat matahari, mengobati alergi, mengatasi inflamasi, serta meningkatkan elastisitas kulit.

 

7. Manfaat Emas dalam Bidang Elektronik

Emas merupakan penghantar yang sangat baik, sehingga sangat dibutuhkan dalam komponen elektronik. Namun karena harganya agak mahal, sehingga lebih banyak digantikan oleh tembaga atau logam lainnya yang mempunya sifat yang sama.

Barang-barang elektronik yang biasa menggunakan emas dalam komponennya seperti televisi, monitor, prosesor komputer, USB connector, radio, dan lain sebagainya.

Bahkan, ada juga kartu SIM yang memakai kandungan emas, meski tidak banyak. Sifat lain emas yaitu korosif juga membuat emas sering dijadikan lapisan dari alat-alat elektronik seperti tv, radio, atau komputer.

8. Manfaat Emas untuk Penghargaan

Terakhir, manfaat emas dalam bidang perlombaan yang membutuhkan medali atau trofi.

Emas biasa digunakan sebagai barang bernilai tinggi, maka emas digunakan sebagai penghargaan di perlombaan seperti olahraga, olimpiade akademik, dan sejenisnya.

Pemenang juara 1 akan mendapat penghargaan berupa emas, dan secara simbolik lebih unggul dibandingkan yang lain.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews