Rizal Ramli: Jokowi Akan Jadi Pemimpin Hebat, Ini Syaratnya

Rizal Ramli: Jokowi Akan Jadi Pemimpin Hebat, Ini Syaratnya

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumberdaya Rizal Ramli mengatakan, Persiden Jokowi bisa menjadi pemimpin hebat. Namun ada syarat syarat yang harus dipenuhi oleh Presiden RI ke-7 itu.

"Mudah-mudahan Presiden Jokowi bisa jadi Presiden hebat dan itu sangat bisa. Syaratnya  kalau kebijakan di dalam sumberdaya alam (SDA) yang melimpah ini betul betul sesuai konstitusi dan tidak dipreteli serta tidak disabotase oleh pejabat yang keblinger," ujarRizal Ramli saat berbicara diacara seminar energi, Jakarta, Rabu (7/10/2015).

Rizal Ramli mengaku jarang melihat pemimpin hebat di Indonesia. Paling, dalam penilaian Rizal, hanya Soekarno dan Gus Dur saja yang masuk kategori hebat. Selebihnya, biasa saja. Bahkan kata dia, ada yang penakut. 

Krisis pemimpin hebat itu, kata dia, tak terjadi di beberapa negara Asia misalnya Singapura punya Lee Kuan Yew, Malaysia punya Mahatir Mohammad, Tiongkok punya Deng Xiaoping. Tanpa para pemimpin itu, negara-negara tersebut tak akan pernah menjadi seperti saat ini. 

Kebiasaan masyarakat Indonesia saat pemilihan umum (Pemilu) dinilai menjadi salah satu penyebabnya. Kata Rizal, saat ini masih banyak masyakarat yang hanya berharap dapat uang dari pesta demokrasi tersebut. Selain itu, tutur dia, ada juga yang berharap dapat pemimpin yang hanya modal tampan. 

Pemimpin hebat tak akan lahir bila rakyatnya berdoa kepada Tuhan minta pemimpin yang tampan atau meminta pemimpin yang hanya bagi-bagikan uang saat Pemilu saja. Pemimpin hebat akan lahir bila rakyatnya meminta kepada tuhan diberikan pemimpin yang hebat, yang amanah, dan mampu memperbaiki nasib bangsa Indonesia. 

sumber: kompas.com

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews