Kisah Kucing Arthur, Rela Mati Demi Selamatkan Tuannya dari Ular Berbisa

Kucing lindungi pemilik dari ular berbisa. (Foto: Animal Emergency Service/Facebook)

Brisbane - Seekor kucing peliharaan di Australia menuai sorotan publik. Binatang itu rela kehilangan nyawanya demi menyelamatkan anak pemiliknya dari serangan ular berbisa.

Peristiwa tersebut diceritakan akun Animal Emergency Service di Facebook, pada Senin (15/2/2021). Dari dua foto yang diunggah, tampak seekor kucing bernama Arthur terbaring dan diselimuti oleh handuk. Sementara foto kedua adalah ular berwarna coklat.

“Mengenang Arthur yang tercinta, si pahlawan empat kaki,” kata akun tersebut seperti dikutip kumparan, Senin (22/2/2021).

Diceritakan kemudian oleh klinik hewan yang berlokasi di Australia tersebut, peristiwa terjadi berawal ketika Arthur dan dua anak sang pemilik rumah tengah bermain di halaman belakang.

Namun, tiba-tiba saja ular Eastern Brown yang merupakan salah satu dari 10 ular paling berbisa di Australia, muncul dan menghampiri dua anak pemilik rumah. Seketika, Arthur melompat ke depan dua bocah tersebut untuk melindungi.

Sukses membunuh ular tersebut, sayangnya Arthur menerima gigitan fatal. Lantaran sibuk menyelamatkan anak mereka, awalnya sang pemilik rumah tak sadar adanya gigitan di tubuh Arthur.

Kucing tersebut sempat pingsan kemudian bangkit lagi yang ternyata merupakan gejala digigit ular berbisa. Keesokan paginya, Arthur kembali pingsan, tapi kali ini tak bisa lagi beranjak sehingga langsung dilarikan ke rumah sakit hewan.

“Mereka membawanya ke Tanawha hospital. Sayangnya, gejalanya sudah terlalu parah untuk diobati. Dengan berat hati sang pemilik harus melepasnya setelah Arthur mati, mendapatkan sayap-sayap malaikatnya,” sebut akun pengunggah foto.

Meski terpukul kehilangan hewan peliharaan mereka, keluarga pemilik Arthur bersyukur sempat memiliki Arthur. Pasalnya, tanpa kucing tersebut, anak-anak mereka tentu akan bernasib lain.

Kini unggahan mengenai Arthur pun viral, mendapat ribuan respons dari warganet. Kebanyakan yang sedih dengan kisah tersebut, tak sedikit pula salut dengan aksi kucing yang heroik itu.

“Sedih mendengar Arthur tidak selamat, turut berbelasungkawa untuk keluarga yang ditinggalkannya. Sebagai pemilik kucing, ular adalah salah satu ketakutan saya karena bisa saja ketemu cara masuk rumah. RIP Arthur, terbanglah yang tinggi dan tak pernah ketakutan lagi,” kata akun Luke Kaploon. 

(dod)