https://www.batamnews.co.id

Dua Hari, 4 Insiden Pesawat Menyita Perhatian Dunia

Ilustrasi (dok. Getty Images/Maja Hitij)

Batam - Dalam dua hari terakhir, Sabtu (20/2/2021) dan Minggu (21/2/2021) tercatat empat insiden penerbangan yang menyita perhatian dunia. Mulai dari kecelakaan pesawat hingga kebakaran mesin dan puing-puing mesin jatuh dari udara ke permukiman warga.

Tentunya hal ini juga mengejutkan publik tanah air. Apalagi insiden kelam jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 di perairan Kep. Seribu masih kental di ingatan.

Berikut empat insiden pesawat yang dirangkum Batamnews dalam dua hari terakhir:

 

1. Mesin Pesawat United Airlines terbakar di udara

Mesin pesawat milik United Airlines

Pesawat komersial, milik United Airlines terbang di atas Broomfield, Colorado Amerika Serikat (AS). Puing-puing berjatuhan di beberapa lokasi Sabtu (20/2/2021).

Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA) menyebut mesin kanan Boeing 777-200 rusak tak lama setelah lepas landas. Pesawat melakukan pendaratan darurat di Bandara Internasional Denver.

Polisi AS menyatakan tidak ada. Sementara setiap kerusakan pada permukiman penduduk diinventarisir Petugas Informasi Publik Departemen Kepolisian Broomfield, Rachel Welte.

FAA melaporkan penerbangan United 328 sedang menuju ke Honolulu pada saat itu.  Ada 231 penumpang dan 10 awak pesawat. Semua turun dari pesawat dan diangkut kembali ke terminal.


2. Puing Logam Mesin Pesawat Kargo Boeing 747-400 Timpa Warga, Rumah dan Mobil

Kejadian serupa dengan di Denver, kali ini pesawat kargo 747-400 yang berangkat dari Bandara Maastricht Aachen (MST), Belanda, kehilangan bagian logamnya saat terbang menuju New York, Sabtu (20/2/2021).

Dilaporkan beberapa warga terluka ringan sementara berbagai mobil dan properti rusak akibat jatuhnya pecahan.  Pesawat itu dialihkan ke Liege, Belgia.

Longtail Aviation, yang mengoperasikan Boeing 747 tersebut, menyatakan: Tak lama setelah keberangkatan, kru melihat adanya masalah mesin, dan mengikuti prosedur yang benar untuk menyelidiki masalah tersebut.

Ada kecurigaan bahwa ada benda yang tertelan ke dalam mesin sehingga menyebabkan kerusakan pada bilah turbin. Berangkat sekitar pukul 16:10 CET, penerbangan LGT5504 menuju New York. Namun karena kerusakan mesin, pesawat dialihkan. Pesawat terpaksa terbang dengan tiga mesin, 747 menuju ke Liège (LGG) terdekat di Belgia, terbang di ketinggian 10.000 kaki.

Menurut situs Belanda Up in the Sky, penerbangan yang terlibat adalah LGT5504 dengan pesawat kargo Boeing 747-400 yang dioperasikan oleh Longtail Aviation.


3. Pesawat Militer Nigeria Jatuh dalam Misi Selamatkan Sandera

Warga berkumpul di lokasi jatuhnya pesawat militer di bandara Abuja, Nigeria, Minggu (21/2/2021) pagi. (BBC).

Pesawat militer Nigeria jatuh di dekat ibu kota Abuha pada Minggu (21/2/2021). Juru bicara Angkatan Udara Nigeria melaporkan tujuh orang tewas dalam kecelakaan tersebut.

Pesawat itu dijadwalkan melakukan misi pengawasan menyusul operasi penyelamatan puluhan tawanan yang diculik dari sebuah sekolah di dekat negara bagian Niger pada Rabu (17/2) lalu.

Pesawat Beechracft KingAir B350i milik Angkatan Udara NIgeria (NAF) jatuh saat kembali ke Bandara Abuja setelah melaporkan mengalami kerusakan mesin.

"Sayangnya, semua tujuh personel di dalamnya tewas dalam kecelakaan itu," kata juru bicara kepresidenan, Ibikunle Daramola dalam sebuah pernyataan.

 

4 . Pesawat AU Milik Meksiko Jatuh

Foto: AFP

Pesawat LearJet 45 milik Angkatan Udara Meksiko mengalami kecelakaan di wilayah Veracruz, Minggu (21/2/2021).

Insiden tersebut terjadi sekitar pukul 9.45 pagi waktu Meksiko. "Pesawat tersebut lepas landas dari bandara di kotamadya Emiliano Zapata," ujar pejabat dari  Kementerian Pertahanan Meksiko.

Ada enam anggota militer Meksiko yang tewas dalam kecelakaan tersebut.

(fox)