Kaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Susu untuk Kesehatan Tubuh

Kaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Susu untuk Kesehatan Tubuh

Minum susu punya banyak manfaat (Foto: Indiotv)

Jakarta - Kandungan probiotik, vitamin D, hingga kalium dalam susu sangat bermanfaat untuk kesehatan. Tidak hanya untuk anak, 3 nutrisi ini juga dibutuhkan untuk orang dewasa bahkan lansia.

Selain 3 nutrisi tersebut, susu juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ini 5 manfaat susu untuk kesehatan, mengutip Down to Earth.

1. Bagus untuk pasien diabetes

Penelitian yang dilakukan University of Guelph di Kanada menyebutkan kadar glukosa atau gula dalam darah bisa dikontrol dengan meminum susu di pagi hari. Bahkan pasien dengan diabetes tipe 2 bisa mendapat keuntungan lebih dari susu.

Disebutkan apabila kadar protein yang tinggi dalam susu dikonsumsi bersama karbohidrat di pagi hari akan memperlambat proses pencernaan dan memberikan efek kenyang. Efek inilah yang membuat pasien lebih sedikit mengonsumsi gula dalam makanan.

2. Kurangi risiko alergi

Kebanyakan berpendapat jika susu mentah atau yang belum dipasteurisasi tidak baik untuk kesehatan. Namun nyatanya susu ini bermanfaat mencegah sakit karena bakteri yang menyebabkan alergi.

Ini karena kandungan probiotik, vitamin D dan imunoglobulin dalam susu yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang akhirnya mengurangi risiko alergi.

3. Jantung lebih sehat

Susu bisa mengurangi risiko sakit jantung dan serangan stroke, ini karena susu mengandung magnesium dan kalium yang bisa mengurangi tekanan darah dan meningkatkan aliran darah ke organ tubuh, sehingga jantung tidak perlu bekerja terlalu keras.

4. Baik untuk otak

Bagi anak-anak susu menjadi sumber vitamin B yang baik kan membuat siklus tidur tetap terjaga, hasilnya otak bisa terus berkembang saat anak tertidur.

Susu sapi diketahui rendah asam linoleat, ini artinya kandungan LA atau alpha-linolenic lebih unggul dan memang lebih baik untuk anak, karena bisa memastikan tingginya DHA dalam susu.

5. Mengurangi sakit Maag

Kalium dan magnesium dalam susu bisa berfungsi untuk menenangkan saraf dan melemaskan otot, sehingga lebih mudah untuk tidur.

Itulah mengapa perempuan yang sedang menstruasi, susu bisa sangat membantu untuk menenangkan otot rahim yang mengeluarkan darah menstruasi.

Ini juga berlaku saat habis makan pedas lalu menderita maag, maka susu dingin bisa membantu menenangkan otot perut.

(ruz)