Lansia di Bintan Dinyatakan Meninggal Positif Covid-19, Dokter Gama: Hasil Swab Negatif

Lansia di Bintan Dinyatakan Meninggal Positif Covid-19, Dokter Gama: Hasil Swab Negatif

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan, dr Gama AF Isnaeni.

Bintan - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Kepulauan Riau menyatakan ada penambahan 1 orang pasien positif Covid-19 yang meninggal di Kabupaten Bintan. 

Dia merupakan pasien ke 14 yang meninggal dunia akibat virus tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan, dr Gama AF Isnaeni, mengatakan pasien yang meninggal dunia itu seorang pria berinisial Man (65) asal Kampung Lengkuas, Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur. 

"Namun ketika lansia ini meninggal dunia hasil swab terakhirnya negatif Covid-19. Jadi statusnya saat itu sudah dinyatakan sembuh dari virus tersebut," ujar Gama, Selasa (9/2/2021) malam.

Awlanya lansia ini mengalami sakit dengan gejala demam, sesak napas dan lemas. Lalu dia diperiksa kesehatannya di RSUD Bintan Kijang. Disana dia menjalani pengambilan swab untuk dicek Polymerase Chain Reaction (PCR).

Pada Sabtu (6/2/2021), hasil PCR keluar dan dia dinyatakan positif Covid-19. Lalu ditetapkan sebagai pasien kasus ke-553 di Kabupaten Bintan. 

"Dia tertular karena berkontak erat dengan pasien positif Covid-19 sebelumnya. Saat itu dia menjalani isolasi secara mandiri," jelasnya.

Saat mulai menjalani isolasi tim medis kembali mengambil swab tenggorokan dan hidungnya untuk dites PCR kedua. Untuk hasilnya PCR yang terbaru dinyatakan negatif dari covid-19.

Namun di saat itu penyakit penyerta atau bawaan (komorbid) kumat. Bahkan parah yang membuat kondisinya tidak stabil sehingga dia meninggal dunia. 

"Jadi sehari sebelum meninggal hasil swabnya negatif. Namun untuk proses pemakamannya tidak tahu persis. Apakah sesuai protokol penanganan covid-19 atau seperti lazimnya," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews