Urutan Gejala yang Paling Sering Dialami Pasien Covid-19

Urutan Gejala yang Paling Sering Dialami Pasien Covid-19

Pasien Covid-19. (ilustrasi/Klikdokter.com)

Batam - Covid-19 menjadi wabah yang mengerikan. Kini dunia pun mulai melawan dan beradaptasi dengan kondisi yang ada. Vaksin mulai diteliti dan diproduksi. Begitu juga protokol kesehatan ketat dijalankan. Kita pun tak boleh lengah dengan penyakit yang menyerang sistem pernafasan ini.

Dikutip dari Timesnownews, berikut urut-urutan gejala yang muncul dan dirasakan oleh pasien COVID-19:

1. Demam

Selama pandemi, semua tempat telah memberlakukan pengecekan suhu tubuh. Ini penting, sebab salah satu gejala paling umum pada infeksi apapun adalah demam.

Demikian pula pada Covid-19, demam termasuk salah satu gejala paling perlu untuk diwaspadai.

 

2. Batuk

Covid-19 utamanya menyerang pernapasan, maka gejala yang umum berikutnya adalah batuk-batuk. Ini juga menjadi yang paling diwaspadai, karena semburan droplet saat batuk adalah jalur utama penularan virus. Karena itulah, masker jadi perlindungan wajib selama pandemi.

 

3. Anosmia
Anosmia atau ketidakmampuan mencium bau dan mengecap rasa juga tidak spesifik hanya dialami pasien Covid-19. Infeksi pernapasan pada umumnya juga bisa memicu keluhan ini.

Akan tetapi, belakangan ini makin banyak dialami pasien Covid-19.

 

4. Pegal-pegal

Keluhan pegal maupun nyeri otot turut muncul saat Covid-19 mulai masuk ke dalam tubuh dan mengalami replikasi. Proses tersebut memicu inflamasi atau radang, yang salah satunya ditandai dengan keluhan nyeri.

 

5. Diare

Gangguan pencernaan adalah salah satu gejala yang banyak dikeluhkan berikutnya. Mulai dari saluran pernapasan, virus ini bisa berakhir di saluran pencernaan dan dikeluarkan bersama feses atau tinja.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews