Jaringan Telekomunikasi di Natuna Sempat Down, Ini Penyebabnya

Jaringan Telekomunikasi di Natuna Sempat Down, Ini Penyebabnya

Ilustrasi

Natuna - Jaringan telekomunikasi di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), sempat down, Selasa (2/2/2021) malam kemarin. Penyebabnya ternyata Transmisi Palapa Ring Barat (PRB) jalur Natuna-Singkawang terputus.

Kepala Diskominfo Natuna, Raja Darmika saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut. Katanya, jaringan PRB jalur Natuna-Singkawang sempat mengalami gangguan pada Selasa (2/2/2021) malam hingga Rabu (3/2/2021) siang.

"Alhamdulillah sekitar jam 11.00 WIB transmisi milik BAKTI Kominfo tersebut berhasil diperbaiki dan telah kembali normal siang tadi," ucapnya kepada Batamnews, Rabu (3/2/2021) malam.

Sementara itu, SPV RTPO Telkomsel Tanjungpinang, Yurianda Syahputra Pane saat di konfirmasi menjelaskan, sebenarnya Natuna memiliki dua jalur transmisi PRB milik BAKTI Kominfo. Jalur tersebut adalah Natuna-Tarempa-Batam dan jalur Natuna-Singkawang-Batam.

"Untuk jalur PRB Tarempa-Batam sedang mengalami putus jalur laut semenjak tanggal 21 Januari kemarin. Dan pihak BAKTI Kominfo saat ini sedang melakukan perbaikan," ujar Yuri kepada Batamnews.

Untuk kendala yang terjadi di Natuna, Selasa (2/2/2021) malam, terjadi masalah pada Transmisi PRB jalur Natuna-Singkawang-Batam. Sehingga Natuna sempat mengalami down jaringan sampai pada Rabu (3/2/2021) siang.

Yuri melanjutkan, untuk wilayah Natuna sendiri ada beberapa daerah yang tidak berdampak akibat putusnya jalur PRB tersebut sebab masih menggunakan VSAT Telkomsel. Seperti daerah Midai, dan yang menggunakan transmisi Radio IPLH seperti Serasan, Pulau Panjang dan Subi.

Sedangkan untuk wilayah Bunguran Besar dan Pulau Laut yang telah beralih ke PRB akan mengalami dampak jika terjadi kerusakan pada jalur transmisi PRB ini.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews