Arkeolog Temukan Mumi Berlidah Emas, Usianya 2 Ribu Tahun

Arkeolog Temukan Mumi Berlidah Emas, Usianya 2 Ribu Tahun

Arkeolog mengangkat sarkofagus berisi mumi berlidah emas. (Foto: Kementerian Purbakala Mesir via Ladbible)

Kairo - Para arkeolog telah menemukan mumi yang lidahnya terbuat dari emas murni di Alexandria, Mesir, baru-baru ini.

Mumi tersebut ditemukan di tempat pemakaman berusia 2.000 tahun di Taposiris Magna - sebuah kota yang didirikan oleh Firaun Ptolemeus II Philadelphus antara 280 dan 270 SM. Ladbible melaporkan.

Tim arkeolog mengira lidah orang itu diganti dengan permata karena penguasa kuno percaya bahwa itu akan memungkinkan orang mati untuk berbicara dengan Osiris, atau dikenal sebagai Dewa Orang Mati, begitu mereka meninggal.

Penggalian ini dipimpin oleh Universitas Santo Domingo yang telah mempekerjakan orang-orang di tempat tersebut selama hampir satu dekade.

Mumi itu ditemukan bersama 15 penguburan lainnya yang diperkirakan berasal dari periode yang sama.

Dua mumi ditemukan dengan sisa-sisa gulungan, yang saat ini sedang dianalisis oleh para sarjana. Kartonase (pembungkus) salah satu dari dua mumi ini juga berisi dekorasi emas yang didedikasikan untuk Osiris.

Kembali pada bulan September, arkeolog menemukan 27 makam Mesir ditemukan yang diyakini sebagai yang terbesar dari jenisnya.

Pada saat itu, Kementerian Purbakala Mesir mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Studi awal menunjukkan bahwa peti mati ini benar-benar tertutup dan belum dibuka sejak dikuburkan."


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews