Mesir Temukan 100 Sarkofagus Berusia 2500 Tahun, Temuan Terbesar Tahun Ini

Mesir Temukan 100 Sarkofagus Berusia 2500 Tahun, Temuan Terbesar Tahun Ini

Penemuan 100 Sarkofagus di Mesir. (Foto: Reuters)

Kairo - Mesir kemarin mengumumkan telah menemukan harta karun kuno berupa 100 lebih sarkofagus dalam keadaan utuh. Penemuan ini diklaim sebagai yang terbesar tahun ini.

Sarkofagus yang sudah dibuka di lokasi temuan itu diyakini milik para pejabat tinggi dari Periode Akhir dan periode Ptolemeus Mesir kuno.

Dilansir Malay Mail, Sabtu (14/11/2020), harta karun tersebut ditemukan di sebuah lubang penguburan di kedalaman 12 meter di kuburan Saqqara, selatan Kairo.

Para arkeolog menyatakan mereka membuka salah satu dari peti mati dan melihat mumi yang dibungkus dengan kain kafan dan dihiasi dengan gambar hieroglif dengan warna yang sangat cerah.

Menteri Purbakala dan Pariwisata Khaled al-Anany menyatakan, penggalian di Saqqara masih berlangsung dan harta karun tersebut akan didistribusikan ke beberapa museum di Mesir termasuk Museum Agung Mesir yang belum dibuka di dataran tinggi Giza.

Penemuan lain di pemakaman yang luas itu diharapkan akan diumumkan dalam beberapa pekan mendatang.

Mesir berharap penemuan ini akan mendorong pariwisata yang selama ini mengalami banyak kerugian sejak Musim Semi Arab tahun 2011 hingga pandemi virus corona saat ini.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews