Ilmuwan Ungkap Bukti Pernah Ada Tsunami 256 Meter

Ilmuwan Ungkap Bukti Pernah Ada Tsunami 256 Meter

Ilustrasi tsunami (Foto: BBC Magazine)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Para ilmuwan berhasil menemukan bukti telah terjadi mega tsunami pada 73.000 tahun yang lalu. Adalah sebuah gunung setinggi 2,834 km yang berada di Pulau Fogo - salah satu gunung terbesar dan teraktif di dunia, runtuh saat meletus 73.000 tahun yang lalu.

Runtuhnya gunung tersebut mengakibatkan mega tsunami setinggi 256 meter yang menghantam semua yang berada di depannya. Mega tsunami itu bahkan menyapu habis Pulau Santiago yang berada di dekatnya.

Penemuan ini telah dipublikasikan dalam jurnal Science Advance memicu kemungkinan bahwa Fogo ataupun gunung lain bisa menyebabkan terjadinya mega tsunami pada saat ini.

"Observasi kami menunjukkan bahwa runtuhnya lereng gunung bisa terjadi dan sangat mungkin memicu tsunami dengan ketinggian dan energi yang luar biasa, yang menambahkan potensi bahaya yang bisa ditimbulkan," demikian papar Ricardo Ramalho dalam artikel di jurnal tersebut.

Menurut Ramalho yang merupakan peneliti dari Universitas Columbia menyatakan bahwa runtuhnya dinding gunung seperti yang terjadi 73.000 tahun yang lalu memang jarang terjadi.

"Kita harus mewaspadai hal seperti ini saat memikirkan mengenai potensi bahaya dari gunung api," kata dia.

sumber: beritasatu/discovery

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews