Negatif Corona, 54 Penumpang Diizinkan Berlayar Naik KM Sanus-80

Negatif Corona, 54 Penumpang Diizinkan Berlayar Naik KM Sanus-80

KM Sanus-80 saat berlabuh di Pelabuhan Sri Bayintan, Kijang (Foto:Ary/Batamnews)

Bintan - Sebanyak 54 penumpang telah menaiki KM Sabuk Nusantara (Sanus) 80 di Pelabuhan Sri Bayintan, Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (21/1/2021).

Kesemua penumpang tersebut diizinkan berlayar dengan KM Sanus usai dinyatakan non reaktif atau negatif Corona usai menjalani Rapid Diagnostic Test (RDT).

Kepala Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kijang, Aan Anwar membenarkan bahwa ada 54 penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Sri Bayintan Kijang dengan menumpangi KM Sanus-80.

"Untuk naik ke kapal perintis ini harus menyertakan bukti telah di rapid tes biasa dan rapid tes antigen. Jadi kesemua penumpang yang naik KM Sanus 80 ini sudah dinyatakan non reaktif dan negatif," ujar Aan kepada Batamnews, kemarin.

Kapal bertipe 2000 GT dengan panjang (LOA) 68,50 meter dan lebar 14 meter ini melayani pelayaran ke beberapa daerah di Kepri dan Kalimantan.

Dimulai dari Tambelan lalu ke Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Selanjutnya Serasan-Subi-Selat Lampa-Ranai-Pulau Laut-Sedanau-Midai-Tarempa-Kuala Maras.

Namun tujuan 54 penumpang ini tidak kesemua daerah yang dilayani oleh kapal berkecepatan 12 knot tersebut. Melainkan hanya 7 daerah tujuan saja.

"Dari data Pelni, 54 penumpang itu tujuan Tambelan, Pontianak, Serasan, Subi, Selat Lampa dan Ranai," sebut Aan.

Untuk Tujuan Tambelan, ada 23 orang, Pontianak 8 orang, Serasan ada 13 orang, Subi 4 orang, Selat Lampa 4 orang dan Ranai ada 2 orang.

"Para penumpang itu terdiri dari 7 anak-anak dan 47 orang dewasa," ucapnya.

(ary)