Gempa 7 Magnitudo Guncang Filipina Selatan, USGS: Tak Berpotensi Tsunami

Gempa 7 Magnitudo Guncang Filipina Selatan, USGS: Tak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi.

Manila - Gempa kuat mengguncang beberapa bagian Filipina selatan pada Kamis (21/1/2021). Gempa tidak menyebabkan kerusakan besar dan tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan.

Gempa berkekuatan 7,0 dan terpusat di kedalamam 95,8 km bawah laut dan sekitar 210 km tenggara Pondaguitan di provinsi Davao Occidental, kata Survei Geologi AS (USGS) dilansir Channel News Asia.

Gempa tersebut dirasakan di kota-kota dan provinsi terdekat di wilayah tersebut, kata Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina.

USGS mengatakan ada kemungkinan kecil korban jiwa atau kerusakan. Sistem Peringatan Tsunami AS mengatakan tidak ada ancaman tsunami. Gempa bumi yang dalam umumnya menyebabkan lebih sedikit kerusakan di permukaan bumi.

Wilayah Davao selatan telah dilanda gempa bumi kuat yang dipicu oleh garis patahan lokal dalam beberapa tahun terakhir.

Filipina terletak di sepanjang “Cincin Api” Pasifik, sebuah busur patahan di sekitar Samudra Pasifik tempat sebagian besar gempa bumi terjadi. 

Selain itu, kawasan tersebut juga dilanda oleh sekitar 20 topan dan badai tropis setiap tahun, menjadikannya salah satu negara paling rawan bencana di dunia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews