https://www.batamnews.co.id

Cara Ampuh Cegah Corona Agar Tak Menular ke Mana-mana

Ilustrasi (Foto: Batamnews)

Jakarta - Cara mencegah virus Corona agar tidak menyebar ke mana-mana bisa dilakukan dari hal yang paling mudah, yaitu hidup bersih dan sehat. Ini adalah cara terbaik dalam mencegah penyebaran dan penularan virus Corona sebelum program vaksinasi di mulai.

Untuk mencegah bertambahnya jumlah kasus baru dan angka kematian, ada beberapa cara mencegah virus Corona yang bisa dilakukan. Berikut di antaranya, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pakai masker

Masker saat ini menjadi benda yang sangat penting bagi manusia yang berfungsi untuk melindungi diri, dari penyebaran virus Corona. Meski dulu masker hanya diwajibkan untuk yang sakit, kini masker menjadi salah satu cara mencegah virus Corona yang wajib digunakan setiap beraktivitas.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito menyebut dari berbagai jenis masker, masker kain adalah jenis yag dianjurkan agar masyarakat bisa menghindari Covid-19 saat berada di tempat umum.

"Masker kain digunakan oleh masyarakat saat berada di tempat umum dan saat berinteraksi dengan orang lain," kata Prof Wiku beberapa waktu lalu.

2. Mencuci tangan

Cara mencegah virus Corona yang satu ini juga tak kalah mudahnya, karena biasa dilakukan sehari-hari yaitu mencuci tangan. Di beberapa kasus penularan virus Corona, diprediksi terjadi saat tangan menyentuh permukaan yang telah terkontaminasi.

Setelah tangan menyentuh permukaan tersebut, virus Corona bisa berpindah dari tangan ke hidung atau mulut. Hal ini bisa menjadi salah satu cara penularan virus Corona.

Biasakan diri untuk rajin mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir.

3. Tutup mulut saat bersin dan batuk

Seperti yang diketahui, virus Corona bisa menyebar lewat droplet yang keluar saat batuk ataupun bersin. Cara mencegah agar virus Corona tidak menyebar lewat jalur tersebut adalah menutup mulut dan hidung saat bersin maupun batuk.

Hal ini bertujuan agar kuman penyakit maupun virus yang mungkin ada di dalam tubuh tidak dengan mudah menyebar dan menular ke orang lain.

4. Jaga jarak

Cara mencegah virus Corona lainnya adalah dengan menerapkan social distancing atau jaga jarak dengan orang lain, setidaknya satu meter.

Ini karena saat pasien Covid-19 batuk atau bersin, mereka akan mengeluarkan droplet dari hidung maupun mulut yang mengandung virus Corona. Jika jarak antara kamu dengan pasien dekat, bisa jadi virus itu berpindah dan menularkannya.

5. Istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi

Pasien yang terinfeksi virus Corona tidak semuanya akan terinfeksi parah dan berujung meninggal. Ada pasien yang berhasil sembuh karena memiliki kondisi imun dan mendapat layanan kesehatan yang baik.

Untuk menjaga imunitas tubuh tetap baik dan dalam kondisi prima, kamu harus cukup istirahat. Cara mencegah virus Corona ini juga bisa dilengkapi dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

(ruz)