Hujan Deras Hingga Angin Kencang Mengintai Karimun

Ilustrasi

Karimun - Hujan disertai angin dengan intensitas sedang melanda wilayah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri). Kondisi ini berlangsung sejak 1-2 Januari 2021.

Menurut prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Raja Haji Abdulah (RHA) Karimun, Kondisi tersebut akan berlangsung dalam beberapa hari kedepan.

"Kondisi cuaca di wilayah Kepri, khususnya Karimun, dalam beberapa hari kedepan masih akan di dominasi oleh tingginya tingkat curah hujan, yang disertai angin kencang," kata Kepala Stasiun Meteorologi RHA Karimun, Raden Eko Sarjono, Sabtu (2/1/2021).

Hujan dan angin kencang itu, disebutkan Eko disebabkan oleh adanya daerah tekanan rendah (Low pressure area) di sebelah Barat Kalimantan. Sehingga, mengakibatkan pertumbuhan awan-awan konvektif, khususnya di wilayah Kabupaten Karimun.

"Low pressure area di sebelah Barat Kalimantan, membawa pengaruh meningkatnya pertumbuhan awan," ucap Eko.

Cuaca yang tidak bagus itu, juga menyebabkan tingginya gelombang air laut, karena angin kencang yang melanda. Dengan begitu, Eko pun mengimbau pada jasa transportasi laut, atau masyarakat yang melakukan aktivitas laut untuk selalu waspada dan tetap update mengenai prakiran cuaca.

"Harap waspada adanya angin kencang yang berdampak tingginya gelombang di perairan Karimun. Imbauan kami dari BMKG untuk waspada dan selalu update informasi dari BMKG," pungkas Eko.

(aha)