Pedasnya Harga Cabai Jelang Akhir Tahun, Naik Dua Kali Lipat

Pedasnya Harga Cabai Jelang Akhir Tahun, Naik Dua Kali Lipat

Pedagang Cabai di Pasar Tos 3000. (Dok. Batamnews)

Batam - Jelang natal dan akhir tahun, harga cabai merah di pasaran Kota Batam naik hingga mencapai Rp 110 ribu per Kg, Selasa (15/12/2020). Sebelumnya harga cabai merah masih di kisaran Rp 70 ribu per Kg.

Salah satu pedagang di Pasar Tos 3000 Jodoh, Erni mengakui harga cabai naik drastis dibanding sehari sebelumnya.  “Biasanya cuman Rp 50 ribu per Kg, sekarang sudah sampai Rp 100 ribu,” ujarnya.

Menurutnya, harga cabai tinggi tersebut merangkak naik karena daerah penghasil sedang musim penghujan. Oleh karena itu, petani banyak yang gagal panen.

"Harga tinggi untuk cabai yang baru datang sore kemarin. Ada juga yang jual dibawah Rp 100 ribu, tapi kondisinya tak terlalu segar, " kata dia.

Sementara itu, harga cabai rawit dan cabai setan berada pada kisaran Rp 60 ribu dan Rp 70-80 ribu per kilogram untuk cabai setan.

Tidak hanya cabai, harga komoditas lainnya juga mengalami kenaikan, seperti telur ayam. Di pasaran harga telur berkisar Rp 50 ribu per papan. Padahal biasanya, harga telur mencapai Rp 45 ribu per papan.

“Sedangkan untuk per butirnya, harga telur telah mencapai Rp 2 ribu,” ujar Roi, salah seorang pedagang telur di pasar Tos 3000 Jodoh.

Kadisperindag Kota Batam, Gustian Riau mengatakan pihak sudah merencanakan monitoring harga.

"Saya belum cek harga cabai, nanti saya koordinasi dulu, " ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews