Petugas Sediakan TV di Depan Sel, Napi Bisa Nonton Penghitungan Suara

Petugas Sediakan TV di Depan Sel, Napi Bisa Nonton Penghitungan Suara

Para napi memberikan hak pilihnya dalam PIlkada Kepri. KPU mendirikan TPS di Rutan. (Foto: Afriadi/Batamnews)

Tanjungpinang - Para narapidana di Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas I Tanjungpinang tak ketinggalan memberikan hak suaranya di Pilkada Kepri 2020, Rabu (9/12/2020).

Kepala Rutan Tanjungpinang, Sugeng Hardono menyebut 155 napi sudah menyalurkan hak suaranya. Di rutan didirikan TPS nomor 32, Kelurahan Tanjungpinang Barat.

"Alhamdulillah semua warga binaan (Napi) yang termasuk ke dalam DPT turut berpartisipasi dalam pesta demokrasi. Mereka semuanya mengunakan hak pilih," kata, Sugeng.

Ia menjabarkan sebanyak 173 napi  terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT. Namun dari jumlah DPT itu yang mencoblos sebanyak 155 orang.

"Sisanya ada yang sudah bebas dan pindah ke Lapas. Sisa 155 orang ini semuanya memilih," kata Sugeng.

Ia menyebutkan, proses pencoblosan untuk DPT sudah selesai. Saat ini hanya menunggu pemilih tambahan, 29 pemilih. Mereka terdiri dari Petugas Rutan, Petugas TPS dan warga binaan lainnya.

"Untuk tambahan ada sebanyak 29 orang, 19 petugas dan 10 warga Binaan," jelasnya.

Sugeng mengatakan, jumlah penghuni Rutan Tanjungpinang ada sebanyak 341 orang. Namun yang termasuk kedalam DPT hanya 173 orang. Sisanya bukan warga Provinsi Kepulauan Riau.

"Insya Allah jam 16.00 WIB nanti sudah selesai, dan hasilnya sudah diketahui, kita juga menyediakan televisi didepan kamar tahanan, jadi mereka bisa menyaksikan nanti melalui TV hasil penghitungan suara," ujarnya.

Dalam pelaksanaan ini pihaknya menerapkan protokol kesehatan ketat saat pencoblosan.

"Semuanya sesuai standar, hari biasa juga kita menjaga protokol kesehatan yang sangat ketat," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews