7 Cara Ampuh Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

7 Cara Ampuh Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Ilustrasi (Foto:liputan6)

Jakarta - Banyak orang diet dan olahraga mati-matian untuk turunkan berat badan. Padahal ada cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang bisa kamu praktikkan sebagai langkah awal.

Menurunkan berat badan terbilang gampang-gampang susah. Prosesnya juga berbeda pada setiap orang. Ada yang dengan mudah menyusutkan beberapa kilo gram dalam waktu cepat, namun ada pula yang sangat sulit.

Sebelum jalani beragam jenis diet yang tergolong ketat, coba cara menurunkan berat badan tanpa olahraga ini. Cara ini terbilang sederhana dan mudah dipraktikkan.

Semuanya berkaitan dengan kegiatan sehari-hari seperti kebiasaan mengunyah makanan dan minum cukup air putih. Jika dijalani secara konsisten, bukan tidak mungkin berat badan kamu cepat susut.

Lalu ada juga kebiasaan makan dengan ditemani gawai yang sebaiknya dikurangi. Mungkin cara ini sulit dipraktikkan di awal, namun dengan menyingkirkan gawai kamu akan lebih fokus terhadap makanan.

Dikutip dari Healthline (4/12/2020), berikut 7 cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang gampang dicontek:

1. Kunyah makanan pelan-pelan

Terlihat sepele, namun mengunyah makanan pelan-pelan bisa bantu turunkan berat badan. Hal ini memungkinkan otak punya waktu lebih untuk mengenali rasa kenyang.

Mengunyah pelan-pelan juga memungkinkan semua makanan diproses dengan lebih baik, yang pada akhirnya menurunkan jumlah makanan yang diasup. Sekaligus memunculkan rasa kenyang lebih cepat.

 

2. Gunakan piring kecil

Memperhatikan porsi makanan jadi kunci penting dalam menurunkan berat badan. Coba gunakan piring yang lebih kecil ketika kamu makan makanan yang tidak sehat seperti makanan tinggi lemak dan gula.

Harapannya kamu akan mengonsumsi lebih sedikit makanan tersebut. Sebaliknya, coba sajikan makanan sehat di piring yang lebih besar agar kamu bersemangat menghabiskannya lebih banyak.

3. Konsumsi banyak sumber protein

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi protein. Zat gizi makro ini berperan penting dalam menciptakan rasa kenyang dan menekan rasa lapar.

Penelitian bahkan membuktikan dengan meningkatkan asupan protein 15-30 persen, asupan kalori harian seseorang bisa 441 kkal lebih sedikit. Beberapa makanan yang bisa kamu coba adalah dada ayam, almond, ikan, dan yogurt.

4. Imbangi dengan banyak serat

Selain protein, cobalah mengasup lebih banyak serat yang bisa membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Pilihlah sumber serat kental yang terbukti bantu diet.

Serat kental atau viscous fiber akan membentuk gel ketika bertemu air. Dampaknya, gel akan meningkatkan penyerapan nutrisi dan memperlambat proses pengosongan perut.

Serat kental ini hanya bisa didapat dari makanan nabati. Misalnya oatmeal, asparagus, jeruk, dan flax seeds.

 

5. Minum cukup air

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang juga penting adalah minum cukup air. Waktu yang paling disarankan adalah sebelum makan.

Air yang dimaksud tentu saja air putih yang menyehatkan dan diperlukan organ tubuh untuk berfungsi maksimal. Hindari konsumsi air manis seperti soda, jus, minuman kemasan, dan banyak lainnya.

6. Makan tanpa gadget

Zaman sekarang banyak orang tak bisa lepas dari gawai (gadget), termasuk saat makan. Alangkah baiknya kamu makan tanpa ada gawai di sekitar.

Dengan begini, kamu bisa fokus terhadap makanan termasuk mengetahui seberapa banyak makanan yang sudah masuk ke mulut. Hindari makan dalam kondisi tidak fokus seperti sambil main HP atau nonton TV karena bisa memicu makan berlebih.

7. Hindari minuman manis sama sekali

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga ini berkaitan dengan asupan minuman. Pastikan kamu tidak mengonsumsi minuman manis, kalau bisa sama sekali.

Minuman manis tinggi kandungan kalori yang bisa picu kenaikan berat badan. Selain itu, konsumsi minuman manis juga berefek tingkatkan risiko terkena penyakit serius.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews