Jawab Curhatan Ibu-ibu Soal Usaha hingga Fasilitas Pendidikan, Marlin Beri Solusi Mantap

Jawab Curhatan Ibu-ibu Soal Usaha hingga Fasilitas Pendidikan, Marlin Beri Solusi Mantap

Cawagub Kepri, Marlin Agustina. (Foto: ist)

Batam - Calon Wakil Gubernur Kepulauan Riau nomor urut 3, Hj Marlin Agustina sering silaturahmi dengan kaum perempuan, umumnya ibu rumah tangga.

Karena kedekatan ini, sering sekali para ibu tersebut curhat tentang kesulitan ekonomi. 

Setelah mendengar banyak curhatan, Marlin langsung balas dengan solusi. "Perempuan pastinya lebih nyaman curhat dengan perempuan," ungkap Marlin.

Ibu-ibu Curhat soal Pengembangan Usaha

Seperti curhat yang disampaikan ibu-ibu Villa Pesona Asri, RW 10 Kelurahan Belian Kecamatan Batam Kota, Selasa (24/11/2020). 

“Di sini kami punya usaha kecil yang menjual kuliner. Kalau Ibu berkenan, setelah acara sila melihat dagangan ibu-ibu di sini. Sekiranya ada yang ingin Ibu beli. Atau kalau boleh diborong sekalian Bu,” tutur Ngatmini, perwakilan ibu-ibu Villa Pesona Asri.

Selain itu, ibu-ibu Pesona Asri juga meminta agar Marlin bisa memberikan bimbingan kepada para pelaku usaha kecil di perumahan tersebut. Antara lain tentang pemasaran produk.

“Kami sudah ada UKM, sangat aktif. Mohon bimbingan Ibu agar kami bisa memasarkan produk kami. Semoga kami bisa diberikan pelatihan atau kursus. Sehingga kami di forum jual beli RW 10 Pesona Asri ini bisa lebih maju dan berkembang lagi,” ujarnya.

Permintaan tersebut langsung Marlin tindak-lanjuti. Dimulai dari yang paling mudah yaitu dengan membeli langsung dagangan usaha kecil di lokasi silaturahmi.

“Untuk pelatihan UKM, nanti bisa segera saya sampaikan. Saya sampai saat ini sudah membina sekitar 270 UKM. Bidangnya beragam dan sudah digitalisasi, online juga,” kata Marlin.

Menurutnya selama ini bermacam jenis pelatihan sudah diberikan kepada UKM, khususnya ibu-ibu. Mulai dari pelatihan membuat produk, sampai ke pemasaran.

“Kita juga membantu sampai ke pengurusan legalitas, seperti pengurusan izin PIRT (Produk Industri Rumah Tangga), sertifikat halal, packaging kami berikan supaya produk UKM kita ini bisa masuk ke mal,” papar istri Walikota Batam H Muhammad Rudi tersebut.

Marlin mengatakan berbagai pelatihan dan fasilitas ini diberikan sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat, khususnya sesama perempuan.

“Kita harus saling dukung. Terutama untuk perempuan yang mau maju. Saya juga sudah kembangkan UKM batik. Semoga melalui silaturahmi ini ibu-ibu bisa termotivasi untuk buat usaha batik Batam juga,” ucapnya.

Ibu-ibu Curhat soal Pengembangan Pendidikan

Tak hanya itu, warga setempat juga berharap jika Marlin terpilih bisa membangun sekolah di perumahan tersebut. Karena perumahan yang sudah cukup lama berdiri itu belum memiliki fasilitas pendidikan.

“Putra-putri kami terbuang jauh, apalagi dengan adanya zonasi. Sampai ke Nongsa. Bahkan di SMAN 3 saja tidak tertampung. Kami di sini memiliki lahan di belakang Marbella 2. Mohon kiranya bisa dibangun sekolah, supaya putra-putri kami bisa sekolah lebih dekat,” harapnya.

Menjawab ini Marlin menjelaskan permintaan warga akan segera ia sampaikan ke Walikota Batam usai cuti pilkada.

“Ini juga keuntungan bagi Batam apabila saya terpilih jadi Wakil Gubernur dan Bapak Muhammad Rudi kembali terpilih menjadi Walikota Batam periode kedua. Ke depan apabila ada permasalahan, penyelesaiannya lebih mudah. Komunikasinya lebih cepat, tanpa melanggar aturan atau mekanisme,” kata Marlin. *


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews