Ini Cara Laporkan Hoaks Pilkada 2020

Ini Cara Laporkan Hoaks Pilkada 2020

Ilustrasi

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan saling berkolaborasi menangani isu hoaks yang berkaitan dengan Pilkada 2020.

Hoaks terkait dengan penyelenggara pemilu dan pelaksanaan pemungutan suara. Ini juga termasuk penanganan konten dugaan kecurangan sosialisasi dan literasi digital terkait pelaksanaan serta analisis isu pelaksanaan pemilihan kepala daerah tersebut.

Cara melaporkan hoaks Pilkada 2020:

1. Aneka saluran pelaporan di Kominfo

Dengan masih marak ditemukannya konten negatif di internet, Kominfo mengatakan agar masyarakat turut aktif bila menemukan konten seperti hoaks dan lainnya di internet terkait dengan Pilkada, dapat melaporkannya ke Kementerian Kominfo melalui website aduankonten.id, email [email protected] serta akun WA bernomor 0811-922-4545.

2. Aneka saluran pelaporan di Bawaslu

Selain ke Kominfo, disampaikan Jubir Kominfo, laporan aduan di Bawaslu bisa disampaikan pada kanal yang dikelola Bawaslu, yaitu bawaslu.go.id, aplikasi GOWASLU, dan akun WA bernomor 0811-1414-1414.

"Kementerian Kominfo sejak tanggal 1 September sampai 18 November 2020 telah menemukan 38 isu hoaks terkait dengan Pilkada 2020," ujar Jubir Kementerian Kominfo Dedi Permadi, Rabu (18/11/2020).

Dari 38 temuan isu tersebut, Dedi menyebutkan tersebar sebanyak 217 hoaks di berbagai platform digital. Temuan tersebut, kemudian Bawaslu memverifikasi dan menyatakan 77 temuan melanggar keiatentuan yang berlaku.

"Saat ini ada 64 muatan yang sedang ditindaklanjuti dan 13 konten sudah dilakukan take down," tandasnya.

"Sinergi antara Bawaslu dan kominfo di dalam memastikan ruang siber yang sehat di masa Pilkada 2020," ungkap dia.

Pemerintah mengharapkan pelaksanaan Pilkada 2020 akan dapat berlangsung dengan baik dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Kita berharap pemilu tahun ini dapat berjalan dengan tetap mentaati protokol kesehatan agar visi nasional kita, tujuan nasional kita di dalam penanganan Covid-19, yakni Kesehatan Pulih Ekonomi Bangkit, dapat kita kerjakan bersama-sama termasuk di dalam pesta demokrasi Pilkada 2020," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews