Rudi-Amsakar Pamer Keberhasilan 5 Tahun Pimpin Batam

Rudi-Amsakar Pamer Keberhasilan 5 Tahun Pimpin Batam

Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam, Rudi-Amsakar (Foto:dok.Batamnews)

Batam - Pasangan calon (Paslon) Muhammad Rudi-Amsakar Achmad (RAMAH) memaparkan perkembangan Kota Batam saat menjabat kurang lebih 5 tahun sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam.

Hal itu disampaikannya pada sidang paripurna penyampaian visi dan misi Paslon yang maju di Pilkada Batam 2020, Senin (16/11/2020).

Saat itu, Rudi memulai dari segi perkembangan ekonomi makro, yaitu pertumbuhan ekonomi sempat turun drastis, baru pada tahun 2019 angka pertumbuhan ekonomi mencapai 5,92 persen. Sementara itu Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Batam juga mengalami perubahan.

“Inflasi juga masih cukup terkendali, APBD Batam juga mengalami kenaikan pendapatan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir naik 13,9 persen,” ujar Rudi.

Dari segi kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) mengalami peningkatan, tahun 2019 tercatat kunjungan wisman mencapai 1,95 juta orang.

Kemudian dari sektor tenaga kerja, Rudi memyebutkan ada peningkatan jumlah angkatan kerja yang naik dari 604.831 orang di tahun 2018 menjadi 643.381 orang di tahun 2019. Sedangkan tingkat pengangguran terbuka turun dari 8,93 persen di tahun 2018 menjadi 7,72 persen tahun 2019.
 
“Angka harapan hidup tercatat mengalami peningkatan, sedangkan angka kemiskinan mengalami penurunan 5,08 persen di tahun 2015 menjadi 4,85 persen di tahun 2019,” katanya.

Upaya lainnya dilakukan dari pembenahan infrastruktur dan transportasi, disebutkannya pembangunan jalan sudah dilakukan 2 jalur dengan rincian setiap jalur dibangun 3 sampai 6 lajur. Menurut Rudi pembangunan jalan akan terus dilanjutkan kedepan.

Sementara itu, dalam Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) telah dilakukan di kawasan hinterland, serta pembangunan Sea Water Reverse Osmosis (SWRO).

“Sarana dan prasaran pendidikan dan kesehatan juga telah kami bangun,” ucapnya.

Dari bidang transportasi, telah diberikan subsidi kelas penumpang umum Bus Trans Batam termasuk juga dari kalangan pelajar. Kedepan Ia berjanji akan melanjutkan penambahan jumlah koridor Bus Trans Batam.

“Bidang Agama juga kami telah melakukan pembangunan rumah ibadah, seperti Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah,” kata dia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews